Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Ketika Mengampuni Menjadi Suatu Yang Mustahil Bagimu Sumber : www1.cbn.com

19 June 2017

 2342
[Daily Devotional]

Ketika Mengampuni Menjadi Suatu Yang Mustahil Bagimu

Lukas 6:37

"Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni."

Bacaan Alkitab Setahun Amsal20 ; Efesu3 ; Pengk6-7

Corrie Ten Boom dan adiknya Betsie ditangkap karena menyembunyikan dan melindungi orang Yahudi pada saat Perang Dunia II. Mereka dikirim ke kamp konsentrasi untuk perempuan di Ravensbruck. Betsie meninggal di penjara. Dua tahun setelah perang berakhir, Corrie berada di gereja bicara tentang pengampunan. Seorang mantan penjaga penjara Ravensbruck ada di antara hadirin malam itu. 

Setelah dia selesai bicara, penjaga itu mendekati Corrie dan mengajukan tangannya untuk meminta pengampunan. Saat kenangan buruk berkelebat dalam pikirannya, dia menyadari bahwa dirinya tidak bisa mengampuni. Corrie berdoa. Tuhan Yesus, ampuni saya dan tolong saya untuk mengampuni dia. 

Dia menggambarkan apa yang terjadi selanjutnya dalam bukunya, The Hiding Placa:

"Saya mencoba tersenyum, saya berjuang untuk mengangkat tangan saya. Saya tidak bisa. Saya tidak merasakan apa-apa, tidak sedikitpun kehangatan atau belaskasihan. Dan saya kembali diam-diam memanjatkan doa. Tuhan saya tidak bisa mengampuni dia. Beri saya pengampunan-Mu. 

Lalu saya memegang tangannya dan hal yang paling tidak pernah terbayangkan terjadi. Dari pundak hingga ke tangan saya seperti ada sesuatu yang mengalir kepadanya, dan di saat yang sama tumbuh kasih kepada orang asing ini yang hampir membuat saya kewalahan. Dan saya menemukan bahwa bukan pengampunan kita lagi atau kebaikan kita sehingga terjadi pemulihan, tetapi karena Dia. Ketika Dia memerintahkan kepada kita untuk mengasihi musuh kita, Dia memberikan, bersama dengan perintah-Nya, kasih itu sendiri. 

Pengampunan adalah pusat dari iman Kristen. Yesus sering bicara tentang pengampunan. Ketika yesus mengajarkan murid-murid-Nya untuk berdoa, Dia berkata, "dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;" ~ Matius 6:12 

Walau demikian seringkali kita sulit untuk mengampuni. Kejahatan itu ada. Kita telah rusak dan kita hidup dalam dunia yang telah rusak. Orang-orang mengalami berbagai kejadian mengerikan. Dan walau demikian, Yesus dengan jelas berkata bahwa kita harus mengampuni. Bagaimana caranya?

Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada." ~ Yohanes 20:22-23

Kita belajar bagaimana caranya dari ayat di atas. Hal ini terjadi hanya beberapa saat dari kejadian Maria Magdalena mengetahui bahwa Yesus hilang dari kubur.  Para murid-murid Yesus bersembunyi dibalik pintu yang terkunci. Tiba-tiba Yesus muncul di tengah-tengah mereka. Dia membawa penghiburan dan keberanian. Dia juga memberi mereka tugas. Dia disana untuk mengirim mereka untuk sebuah misi. 

Yesus mengutus murid-murid-Nya. Mereka tidak akan siap untuk mengerjakan misi mereka tanpa kuasa Roh Kudus. Tanggung jawab mereka mencakup mengajar orang lain tentang pengampunan. Tanpa Yesus sangat mustahil untuk mengampuni. Tanpa kuasa Roh Kudus, kita tidak bisa dengan tulus mengampuni. Yesus tidak pernah mengharapkan kita untuk melakukannya dengan kekuatan kita sendiri. Dia tahu kita membutuhkan Dia. 

Dia memberitahu murid-murid-Nya untuk menerima Roh Kudus sebelum Dia berbicara kepada mereka tentang pengampunan. 

Sebagai pengikut Kristus, kita juga punya tugas. Kita dipanggil untuk mengampuni dan mengajar orang lain tentang pengampunan. Yesus memberi kita kasih-Nya sehingga kita bisa mengasihi orang lain. Dengan kemampuan kita sendiri, kita tidak bisa mengampuni. Kita harus ijinkan Yesus untuk menghembuskan kepada kita Roh-Nya. Kita harus menerima Roh Kudus. 

Corrie menyatakannya dengan baik: "Melakukan pekerjaan Tuhan dengan kekuatan sendiri akan sangat membingungkan, melelahkan dan pekerjaan paling menjemukan. Tetapi ketika kamu diisi dengan Roh Kudus, maka pelayanan Yesus akan mengalir keluar dari dalammu."

Hak Cipta © 2017 Anne Ferrell Tata. Digunakan dengan izin. 

Sumber : CBN.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


mario 17 December 2017 - 02:53:51
Tolong doakan saya sangat butuh hikmat kekuatan d... more..

Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Banner Mitra Week  3


7334

advertise with us