Dalam Segala Sesuatu, Bersyukurlah!
Kalangan Sendiri

Dalam Segala Sesuatu, Bersyukurlah!

Budhi Marpaung Official Writer
      7861
1 Tesalonika 5:16-18

Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu110[/kitab]; [kitab]ipetr2[/kitab]; [kitab]yehez25[/kitab]; [kitab]yehez29[/kitab]

Beberapa minggu yang lalu, saya melakukan perjalanan ke New Mexico untuk mengajar di sebuah konferensi penulis Kristen. Seperti yang sering terjadi, saya bertemu dengan beberapa orang yang menarik di sepanjang jalan. Beberapa cerewet; beberapa lainnya tidak. Pada salah satu penerbangan, saya berbicara dengan salah seorang teman, berbagi sedikit tentang tantangan yang keluarga kami hadapi tahun lalu dan saya masih bersyukur dalam keadaan tersebut. Dia berputar ke arah saya dan berkata, "Tunggu sebentar. Ibu dan ibu mertuamu meninggal, dan anak kamu memiliki cedera parah dan dua operasi besar. Bagaimana kamu bisa bersyukur untuk semua itu?"

Bersyukur dalam banyak waktu sering dianggap tidak masuk akal oleh mereka yang tidak terbiasa membinanya. Berdasarkan cerita dari sepuluh penderita sakit kusta yang tercatat pada Lukas 17, kita bisa berasumsi mungkin hanya sepersepuluh dari kita yang mau berupaya untuk mengekspresikan terima kasih, mengingat di kejadian itu hanya satu orang yang disembuhkan dari kusta yang kembali dan mengucapkan terima kasih kepada Yesus. Jadi, apakah masuk akal mengucap syukur di saat segala sesuatu sulit? Pada permukaannya, tidak, tetapi saya percaya kita dapat melatih diri kita untuk bersyukur bahkan ketika gelombang kesulitan dan tantangan menghantam kita.

Meskipun tahun lalu adalah salah satu tahun yang bersejarah dalam kehidupan saya, sekarang setelah melewati badai yang begitu cepat datangnya, saya lebih mudah memahami alasan untuk memuji Tuhan bahkan di saat menantang. Alkitab mengatakan kepada kita untuk bersyukur dalam segala situasi, tidak hanya ketika semuanya berjalan lancar. Berikut adalah beberapa alasan yang bisa kita lakukan bahwa:

Allah adalah harapan kita - Ayub mengalami sakit hati, kesulitan, sakit fisik akut dan penderitaan mental, tetapi meskipun semua yang dialaminya ia masih bisa berkata,

“Jika Allah hendak membunuh aku, aku berserah saja” (Ayub 13:15, BIS)

Memercayai Allah adalah mungkin salah satu tantangan terbesar dari perjalanan Kristen kita. Kita membodohi diri sendiri dengan meyakini bahwa kitalah memiliki kendali atas kehidupan kita. Padahal, stres kita terhadap persoalan berkurang saat kita mau melepaskan usaha kita dan mengakui bahwa Allah yang mengendalikan.

Kita memiliki kepastian kasih dan keselamatan Allah - Roma 8:39 mengingatkan kita bahwa tidak peduli apa yang kita lalui, tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah. Jika kita sudah percaya kepada Kristus sebagai Juruselamat, keselamatan dan kekekalan kita aman. Janji ini adalah balsem untuk jiwa ketika keraguan dan ketakutan membanjiri.

Kesulitan hanya berlangsung selama satu musim - Ketika kita melalui sesuatu yang sangat sulit, pada saat itu, berat rasanya membayangkan hal-hal yang pernah membaik. Setan kemudian menganggap musim ini waktu yang tepat untuk membisikkan kebohongan seperti "Allah yang penuh kasih tidak mungkin membiarkan ini dalam hidupmu" atau "Tuhan tidak peduli tentang kamu karena dia tidak datang untuk menyelamatkanmu." Jangan percaya kebohongan setan. Tuhan peduli. Dia melihat. Dia tahu. Dan musim dalam hidup Anda ini akan berakhir. "Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya." (Pengkhotbah 3:1).

Menjadi seorang Kristen tidak membebaskan kita dari tantangan. Bahkan, Yesus mengatakan bahwa kita akan mengalami kesulitan di dunia ini. Meski pun begitu, ingatlah bahwa kita telah memiliki kemenangan tertinggi karena pengorbanan Yesus di kayu salib. Alasan ini adalah cukup bagi kita untuk dapat bersyukur setiap hari, setiap saat. Candy Arrington


Mengucap Syukur Setiap Saat Tidaklah Mudah, Tetapi itu adalah Keputusan Paling Tepat yang Tidak Akan Mengecewakan.  

Ikuti Kami