Anugerah Tuhan yang Memotivasi
Kalangan Sendiri

Anugerah Tuhan yang Memotivasi

Lori Official Writer
      6273

Titus 3: 8

Perkataan ini benar dan aku mau supaya engkau dengan yakin menguatkannya, agar mereka yang sudah percaya kepada Allah sungguh-sungguh berusaha melakukan pekerjaan yang baik. Itulah yang baik dan berguna bagi manusia.

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu101[/kitab]; [kitab]Lukas22[/kitab]; [kitab]Yehez7-8[/kitab]

Tidak ada yang sanggup mengubah Rian Ries. Meskipun dia sudah masuk dalam tim skateboard top dunia dan sudah menikmati uangnya untuk narkoba, seks, dan terjerat dalam segala kesenangan dunia, dia masih tetap saja merasa kosong.

Suatu malam dia hampir mati karena overdosis kokain. Keesokan paginya Ryan menemukan Alkitab Gideon di dalam sebuah kamar hotelnya dan mulai membacanya. Waktu itu, kasih karunia Tuhan merasuki bagian hidupnya yang paling hancur, hatinya diadili dan dia menempatkan imannya kepada Yesus. Hari ini, dia dan istrinya bekerja dengan orang lain menjadi tuan rumah di sebuah acara penjangkauan untuk memberitakan firman Tuhan, membantu orang-orang menemukan kehidupan yang nyata, melepaskan mereka dari kecanduan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Begitulah yang dilakukan rasul Paulus, saat dia membantu jemaat gereja Kreta yang sudah menyimpang dari kebenaran (Titus 1: 12-13). Dia menulis perintah dari Makedonia kepada anak rohaninya Titus untuk menetapkan orang-orang, penetua di setiap kota, yaitu mereka yang hidupnya benar dan tidak bercacat cela (Titus 1: 5-6).

Paulus tahu bahwa penting sekali membuat orang-orang percaya dalam Yesus, mereka yang baru beriman, untuk mengingat bahwa keselamatan itu adalah kasih karunia dan anugerah Tuhan yang membuat hidup mereka menjadi lebih baik (Titus 3: 5-8).

Apalagi keyakinan mayoritas orang-orang Kreta pada waktu itu adalah kepercayaan kepada Dewa Zeus. Mereka percaya bahwa Zeus sudah mencapai Ketuhanan dengan melakukan hal-hal yang baik bagi orang-orang. Dogeng Zeus hanya memotivasi orang-orang untuk melakukan kebaikan, bukan untuk mengubahkan mereka secara pribadi. Tidak seperti Ryan, dimana perbuatan baik yang dia kerjakan saat ini mengalir dari hati yang diubahkan Allah dan dimotivasi oleh Roh Kudus (Titus 3: 6-7).

Paulus menulis bahwa Allah menyelamatkan kita bukan karena perbuatan benar yang kita lakukan, tetapi karena kasih karunia dan anugerah-Nya. Dan hari ini, melalui Roh Kudus, Allah memotivasi kita untuk melakukan hal-hal baik sehingga orang lain melihat Tuhan hidup secara nyata di dalam kita. – Tom Felten

 

Biarlah perbuatan kita membuktikan bahwa Tuhan hidup di dalam kita

Ikuti Kami