Dua Jenis Manusia Pembenci Yesus
Kalangan Sendiri

Dua Jenis Manusia Pembenci Yesus

Lori Official Writer
      5366

Matius 2: 3

Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu29[/kitab];[kitab]Filip1[/kitab]; [kitab]0Ayub38-39[/kitab]

Yesus menjadi musuh bagi orang-orang yang tidak mau menyembah-Nya, dan Dia membawa pertentangan terhadap mereka. Matius mungkin tidak pernah berpikir tentang masalah ini, tetapi bagian ini tentu saja tidak mungkin dihilangkan dalam kisah Yesus.

Kisah ini menceritakan tentang dua jenis manusia pembenci Yesus, yang tidak mau menyembah Dia, sang Mesias. Pertama adalah mereka yang sama sekali tidak melakukan apa-apa untuk Yesus. Tak ada entitas Yesus di dalam kehidupan mereka. Kelompok ini diwakili oleh para imam kepala dan ahli Taurat. Dalam Matius 2, ayat 4 dikatakan bagaimana Herodes mengumpulkan para imam kepala dan ahli Taurat untuk menanyai mereka tentang kebenaran rumor tentang kelahiran Yesus, yang akan menjadi raja orang Israel. Mereka memberitahukan hal itu kepada Herodes, hanya sekadar bentuk urusan bisnis. Di ayat 3 juga disebutkan tentang ketidakgairahan para imam kepala dan ahli Taurat untuk pergi menyaksikan kelahiran sang Juru Slamat. Mereka tentu saja tidak tertarik karena mereka tidak berkeinginan untuk menyembah Allah yang hidup.

Kedua adalah mereka yang merasa terancam oleh Yesus. Kisah ini memberitakan tentang Herodes yang merasa ketakutan dengan kelahiran sosok bayi yang disebut-sebut akan merebut kekuasaannya. Sehingga  dia berbuat licik dengan berbohong dan memerintahkan untuk melakukan pembunuhan massal terhadap anak-anak untuk menyingkirkan Yesus.

Dua jenis manusia ini tak hanya ada di masa Yesus saja. Tetapi mereka juga masih tetap ada hingga saat ini dan akan terus menantang Yesus dan para pengikut-Nya. Mereka berlagak acuh dan mengobarkan api permusuhan. Apakah Anda adalah salah satu dari kelompok ini?

Biarlah Natal kali ini menjadi momen bagi kita untuk menyadari tentang kehadiran Mesias dan merenungkan tentang bagaimana sepatutnya kita menyembah Dia.

 

Tiada sikap yang lebih angkuh daripada hati yang tidak menyembah Yesus

Ikuti Kami