Jangan Berusaha Mengubahkan Orang Lain!

Jangan Berusaha Mengubahkan Orang Lain!

Lori Official Writer
      3535
Matius 5: 9

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.



Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu31[/kitab]; [kitab]Filip3[/kitab]; [kitab]0Ayub42[/kitab]


Setiap orang pasti pernah berhadapan dengan seseorang yang mengesalkan. Mereka mungkin adalah rekan kerja menyebalkan, orang tua yang suka mengkritik, atau anak remaja yang suka memberontak. Seperti seorang ibu yang menjadi gila menghadapi anak remajanya yang nakal dan suka melawan. Ketika anak mulai menunjukkan tingkah mengesalkan dan bertentangan dengan karakternya sebagai orang tua, saat itu tak seorang pun yang tampaknya bisa membantu. Kemudian sang ibu mencoba berbagai cara agar sang anak menyadari kesalahannya.  Bahkan sang ibu berdoa meminta agar Tuhan turut campur mengubahkan karakter sang anak. Lalu, bagaimana jika anak tersebut tidak mengalami perubahan?

Kata-kata atau nasihat baik yang diabaikan dan tidak berdampak apa-apa, mudah sekali menimbulkan kepahitan dalam hati. Kita merasa tujuan kita untuk mengubah orang lain gagal dan sia-sia saja. Kita menjadi marah dan mengutuk diri sendiri! Yang artinya, kita berhasil masuk dalam jerat si iblis. Jika demikian, kita pastinya tidak akan mampu mengubahkan orang lain dengan kasih Allah jika kita membiarkan si iblis berhasil membangkitkan amarah di dalam diri kita.

Jika Anda sedang berjuang dengan hubungan yang sulit, bawalah orang-orang itu kedalam doa-doa Anda. Ceritakan segala kesusahan hati Anda tentang orang tersebut di bawah kaki Tuhan. Mintalah hati yang tulus mengasihi dan minta ampunlah atas segala rasa sakit yang mungkin telah diperbuatnya. Bahkan jika orang tersebut terlalu keras kepala untuk mau berubah, tetaplah merendahkan hati. Mintalah agar Tuhan terlebih dahulu mengubahkan Anda dan mengisi Anda dengan berkat dan kasih-Nya. Sehingga Anda dapat memancarkan kasih-Nya kepada orang lain.Tindakan inilah yang dipesankan Tuhan Yesus untuk kita lakukan di dunia, yaitu mengasihi musuh kita dan mengampuni kesalahan yang diperbuat orang lain kepada kita.


Manusia tidak akan mampu mengubahkan seseorang tanpa mengandalkan Tuhan untuk ambil bagian

Ikuti Kami