Siapa Yang Memegang Kendali Atas Masa Depanmu?

Siapa Yang Memegang Kendali Atas Masa Depanmu?

Puji Astuti Official Writer
      2922

Roma 8:28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu149[/kitab] ; [kitab]Wahyu5[/kitab] ; [kitab]Ester3-4[/kitab]

Salah satu ketakutan terbesar yang dialami manusia adalah ketidakpastian akan masa depan. Kita takut karena tidak tahu pasti apa yang akan terjadi atau dialami oleh keluarga, teman, pekerjaan, dan komunitas kita, bahkan terkadang semua aspek yang ada di dalam hidup kita.

Hal ini sesuatu yang alami, karena kita tidak memegang kendali terhadap apa yang akan dan bisa terjadi. Namun kesadaran akan hal ini seharusnya mendorong kita untuk lebih mendekat kepada Tuhan. Karena jika Dia mau, Dia dapat mengubah segala sesuatu dalam sekejab saja. Namun Ia telah merancangkan segala sesuatunya sejarah kehidupan dalam dunia ini. Dia bergerak dalam sejarah hingga mencapai klimaks, takdir. Suatu hari nanti Yesus Kristus akan datang kembali ke dunia ini. Tidak ada yang bisa menghentikan Dia. Sama seperti Dia bekerja dalam sejarah kehidupan dan membuat semuanya bergerak ke depan hari demi hari, Dia akan bekerja dalam hidup Anda untuk sebuah tujuan, juga - jika Anda mengijinkan Dia.

Alkitab berkata, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." (Roma 8:28).

Firman Allah mengatakan bahwa semuanya baik. Dalam ayat tersebut tidak disebutkan bahwa bukan Tuhan yang menjadi sebab segala sesuatu. Dia bukan penyebab perang. Dia bukan penyebab kanker. Dia bukan penyebab perkosaan, aborsi, inses, atau pelecehan. Dia tidak pernah menjadi sumber dari hal-hal yang jahat. Tuhan memberi kita kebebasan untuk memilih. Kejahatan adalah harga dari kebebasan itu.

Namun Alkitab menuliskan bahwaTuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. Dia bisa membuat keputusan saya yang bodoh, jahat dan buruk dan menggunakannya untuk mendatangkan kebaikan jika saya percaya kepada-Nya. Roma 8:28 ini bukan janji untuk semua orang, namun khusus untuk orang "yang mengasihi Tuhan". Ini bagi orang yang mempercayai Tuhan dan berkata, "Ini Tuhan, ambillah semua bagian hidup saya yang hancur dan pulihkanlah saya."

Inilah kenapa saat kita membaca berita setiap harinya kita tidak perlu kuatir. Memang banyak masalah yang terjadi di dunia ini, namun Tuhan tetap memegang kendali. Tuhan masih bekerja dalam sejarah kehidupan hingga klimaksnya nanti dan Tuhan masih bergerak di antara umat-Nya untuk membawa mereka kepada hal indah yang telah Ia siapkan bagi mereka. Hingga suatu hari Tuhan akan bekerja dalam segala sesuatu untuk menggenapi rencana-Nya.

Karena Tuhan yang memegang kendali, kita bisa percayakan segala sesuatunya kepada Dia - termasuk yang baik, yang jahat, dan buruk dalam kehidupan kita.


Ikuti Kami