Nasihat Raja

Nasihat Raja

Lori Official Writer
      4294

Pengkhotbah 12: 13

Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.


Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu147[/kitab]; [kitab]Wahyu3[/kitab]; [kitab]0Ezra5-6[/kitab]

Sebelum Salomo diurapi menjadi raja, ayahnya Raja Daud menasihati dia agar mengenal Allah yang disembahnya dan taat beribadah kepada-Nya. “Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya (1 Tawarikh 28: 9)”.

Daud juga tak enggan memberitahukan kesalahan yang ia pernah lakukan sepanjang mengikut Tuhan. Dari kesalahan itu pula ia berpesan agar melayani Tuhan dengan sepenuh hati, tanpa mendua. Salomo tak bisa hidup dengan warisan iman yang dimiliki Daud, melainkan harus bertumbuh dalam iman pengenalannya akan Allah sendiri.

Awalnya, Salomo mendengarkan nasihat Daud. Hatinya tetap tertuju kepada Allah. Namun kenyamanan dan kenikmatan dunia menyeret keinginan hati Salomo kepada hal-hal yang tidak seharusnya dikerjakannya. Kehidupannya berubah menjadi semakin buruk. Salomo mencoba segala hal dan melakukan segala hal. Bisa dipastikan kesimpulannya, Salomo melanggar pesan Daud dan tak lagi menaati perintah-perintah Allah.

Pesan yang disampaikan kepada Salomo berbicara soal rasa ‘hormat’ atau ‘kekaguman’. Allah adalah pencipta alam semesta. Dia kudus dan benar. Takut akan dia berarti memiliki rasa hormat kepada-Nya. Perintah-perintah-Nya seperti pagar di jalan kehidupan, yang menjaga kita dari jurang kesulitan. Hal inilah yang dikatakan Salomo ketika hatinya masih melekat kepada Allah bahwa, takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan (baik dan buruk). Setiap orang yang ingin menjadi pribadi yang utuh, memerlukan sikap hati takut akan Tuhan dan menaati perintah-Nya.


Takut dan taat akan perintah-perintah-Nya adalah bentuk penghormatan kepada Tuhan

Ikuti Kami