Tetap Mengucap Syukur, Ditengah Dunia Yang Berkeluh Kesah

Tetap Mengucap Syukur, Ditengah Dunia Yang Berkeluh Kesah

Puji Astuti Official Writer
      4403

1 Tawarikh 16:34

Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu142[/kitab] ; [kitab]Yohan19[/kitab] ; [kitab]Zakha4-6[/kitab]

Hari-hari ini kondisi ekonomi makin sulit, banyak keluarga mengalami tekanan yang berat. Keluh kesah menjadi hal yang dianggap wajar terucap dari mulut kita. Namun keluhan ternyata tidak membuat kondisi membaik ataupun semangat semakin membara, sebaliknya keluhan semakin melemahkan semangat dan membuat cara pandang kita terhadap keadaan semakin negatif. 

Saat kita fokus pada keadaan sekitar, kita pada akhirnya tidak bisa melihat bahwa Tuhan memegang kendali dalam kehidupan ini; Bahwa Dia, Sang Pencipta langit dan bumi yang menjadi penyedia kita (Filipi 4:19). Kita boleh berusaha dan bekerja keras, namun pada akhirnya berkat Tuhanlah yang membuat kita bisa mengalami kelimpahan (Amsal 10:22). 

Untuk itu saat kondisi semakin sulit, daripada mengeluh akan lebih baik kita putuskan untuk mengucap syukur. Mungkin Anda berkata, "Namun hal itu tidak mudah?" Memang, itu sebabnya kita harus memutuskan untuk mengucap syukur. Ucapan syukur bukan hanya diucapkan pada saat hidup itu indah, bahkan saat sedang sulit kita harus mengucap syukur, itulah yang disebut korban syukur (Ibrani 13:15). 

Selain itu ucapan syukur berdampak positif dalam hidup kita, bahkan hal ini sudah melalui penelitian ilmiah. Menurut Robert Emmons Ph.D dari Universitas California mengungkapkan bahwa orang yang selalu mengucap syukur dan tahu berterima kasih akan membuat dirinya lebih sehat, lebih bahagia, lebih cerdas dan pintar, tidak mudah menyerah, bersemangat, mempunyai energi besar, mempunyai banyak ide cemerlang, tidak mudah sakit, lebih beriman dan memiliki emosi yang lebih stabil. 

Tidak hanya itu, ucapan syukur membuka pintu untuk kuasa Tuhan terjadi atas hidup kita, karena kita mengakui kedaulatan Allah. Sebaliknya, keluhan dan persungutan mendatangkan kutuk dan kesulitan. Jadi, hari ini apapun keadaanmu putuskanlah untuk mengucap syukur. 

Ikuti Kami