Lumpur Semprot
Kalangan Sendiri

Lumpur Semprot

Theresia Karo Karo Official Writer
      5591

2 Timotius 3:5

Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakikatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu139[/kitab]; [kitab]yohan16[/kitab]; [kitab]0ezra3-4[/kitab]

Sebuah perusahaan di Inggris pernah mengembangkan sebuah produk berlabel "Lumpur Semprot", sehingga para penduduk kota dapat menampilkan kesan telah melakukan off-road berburu atau memancing seharian dengan kendaraan 4 wheel drive mewah mereka tanpa harus meninggalkan kota. Lumpur ini bahkan disaring untuk membuang batu dan kerikil yang dapat menggores cat. Dan menurut perusahaan tersebut, penjualannya berjalan mulus.

Ilustrasi ini mungkin bisa menggambarkan bagaimana manusia juga terkadang lebih memerhatikan penampilan luar daripada batin kita. Sehingga, beberapa orang bahkan berusaha memoles atau ‘mempercantik’ riwayat hidup mereka. Akan tetapi, di dalamnya tidak ada bagian yang menceritakan hidup kita sebagai pengikut Yesus.

Paulus memperingatkan Timotius mengenai jemaat gereja yang bersikap saleh, tetapi memungkiri kekuatannya. 'Di mana mereka tetap menjalankan 'agama' di bagian luarnya saja, tetapi perbuatan mereka memungkiri kebenarannya. Kalian harus menjauhi orang-orang seperti itu!' Kenyataan akan Kristus yang menjadi inti adalah bagian yang terpenting, karena ini akan memunculkan tanda-tanda iman yang tampak dari luar.

Wewenang Paulus untuk mengajar gereja mengenai kemurnian rohani berasal dari penderitaan yang telah ia alami, bukan dengan "semprotan lumpur". "Pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus," kata sang rasul (Galatia 6:17). Hari ini Allah memanggil kita untuk menjalani hidup yang sejati. (Sabda.org)

Kita meributkan tampilan dan riasan,

Namun malah lalai menghormati Allah,

Sinar Kristus yang seharusnya kita pancarkan,

Tertutupi oleh kesombongan kita. –Gustafson


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Ikuti Kami