Pahlawan Iman

Pahlawan Iman

Theresia Karo Karo Official Writer
      5352

Hakim-hakim 2:16

Tuhan membangkitkan hakim-hakim, yang menyelamatkan mereka dari tangan perampok itu.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu129[/kitab]; [kitab]Yohan6[/kitab]; [kitab]Yerem21[/kitab]; [kitab]Yerem34[/kitab] 

Kitab Hakim-hakim adalah kisah yang menceritakan umat Allah yang mengabaikan perkara rohani dan memberontak. Setelah kematian Yosua dan rekan-rekan di jamannya, generasi selanjutnya "meninggalkan Tuhan, Allah nenek moyang mereka ... lalu mereka mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa di sekeliling mereka" (Hakim-hakim 2:12).

Tampaknya sangat sulit untuk menemukan pahlawan iman di tengah catatan yang buruk tentang kesetiaan ini, tetapi ternyata ada empat pahlawan iman dari zaman Hakim-hakim. Gideon, Barak, Simson, dan Yefta (Hakim-hakim 2: 4-16) disebutkan dalam Perjanjian Baru (Ibrani 11:32). Bersama dengan Nuh, Abraham, Musa, dan orang-orang terkemuka lainnya, mereka dipuji karena iman mereka.

Namun, kitab Hakim-hakim memperlihatkan orang-orang ini sebagai orang tercela, yang kemudian menanggapi panggilan Allah selama masa kegelapan rohani melanda. Di dalam Alkitab, mereka dihormati karena iman, bukan karena kesempurnaan mereka. Mereka adalah para penerima kasih karunia Allah sama seperti kita.

Dalam setiap generasi, Allah memunculkan orang-orang yang setia terhadap Dia dan firman-Nya. Ukuran hidup mereka dan hidup kita bukan karena tidak pernah gagal, tetapi karena menerima pengampunan penuh kasih dari Allah dan memiliki iman untuk menaati panggilan-Nya. 

Iman di dalam Kristus dapat menjadikan orang biasa menjadi pahlawan yang luar biasa.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Ikuti Kami