Mengasihi yang Tak Layak Dikasihi
Kalangan Sendiri

Mengasihi yang Tak Layak Dikasihi

Lori Official Writer
      7457
Matius 25: 45
…Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Amsal1[/kitab]; [kitab]Wahyu7[/kitab]; [kitab]Ester7-8[/kitab]

Dalam buku tulisan Mike Yankoshi berjudul ‘Under the Overpass’, sebuah kisah nyata dari dua mahasiswa yang hidup sebagai tunawisma. Mereka menghabiskan masa panjang di jalan seperti Denver, Washington Dc, Portland, San Fransisco, San Diego dan Phoenix.

Sebagai anak jalanan, mereka belajar bagaimana mereka diperlakukan tidak baik oleh lingkungan sekitarnya. Saat menghadiri ibadah gereja, mereka bahkan tidak disambut dengan hangat.

Saya tidak berpikir salah satu dari kita sebagai pribadi yang tak ramah atau tak punya kasih. Tapi saya tak yakin seberapa bersemangatnya kita jika kedua anak jalanan ini duduk di salah satu kursi di gereja. Saya akan mengaku bahwa saya akan pertama kali mundur dari kursi saya.

Kita mungkin menilai mereka malas atau pecandu narkoba. Dan kita akan segera melarikan diri sebelum mereka meminta kita melakukan sesuatu. Yankoskhi menulis bahwa orang-orang yang ia temui dalam pengalamannya bukanlah orang yang sejak lahir hidup dengan kondisi demikian. Hal itu bisa saja dipicu oleh permasalahan berat yang membuat hidup mereka hancur berantakan.

Melalui kisah ini, kita diingatkan akan ucapan Yesus dalam Matius 25: 45 bahwa setiap orang yang tidak melakukan sesuatu untuk salah seorang yang paling hina atau tidak layak dimata manusia, hal itu setara seperti tidak mau melakukannya untuk Tuhan. Bila kita hanya mengasihi orang-orang yang layak saja, apakah upah kita? Kita dipanggil untuk melayani mereka para anak jalanan, kaum miskin dan tua renta. Kita diajak untuk menjadi pendengar, pelaku dan bahkan berkat yang bisa saja mengubahkan hidup mereka.


Allah tidak memanggil kita untuk mengasihi orang yang layak, tetapi mengasihi orang yang tidak layak.


Ikuti Kami