Bertindak Heroik
Kalangan Sendiri

Bertindak Heroik

Lori Official Writer
      6122
Show English Version
Ibrani 11: 32

Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu123[/kitab]; [kitab]Yudas1[/kitab]; [kitab]Yerem48-49[/kitab]

Ada dua kategori orang yang disebut heroik, yakni mereka yang melakukan perbuatan heroik dan tidak menimbang bahaya dan keselamatan dirinya demi orang lain. Dalam film ‘The Perfect Storm’ Anda dapat melihat bagaimana para nelayan secara heroik berjuang menyelamatkan yang lain dan mengabaikan keselamatannya.

Sedang jenis pahlawan lainnya adalah mereka yang aktif bereaksi atas tantangan kehidupan. Mereka adalah para pekerja sukarelawan yang layak diberi penghargaan karena terbeban memperjuangkan kaum miskin, anak telantar hingga kaum tertindas. Mereka adalah orang-orang yang konsisten menunjukkan tindakan heroik di kehidupan sehari-harinya.

David Livingstone, seorang missionaris yang telah bertahun-tahun memperkenalkan injil dan memperjuangkan perbudakan di Afrika. Dalam prosesi pemakamannya, seorang pria berambut abu-abu menangis terisak-isak dan berkata, “Saya tidak menangis untuk dia (Livingstone) tapi saya menangisi diri saya sendiri, sebab Livingstone hidup untuk sesuatu sedang saya hidup tidak untuk apa-apa”.

Salah satu tragedi hidup terbesar adalah hidup tanpa arti, hidup yang hanya berpusat pada kegemerlapan dunia yang bersifat sementara. Hingga di satu titik kita sadar bahwa kita hanyalah debu dan abu.

Dalam Ibrani 11:32 dituliskan bahwa akan sangat kekurangan waktu jika harus menyebut nama para heroik di Alkitab satu per satu. Mereka digerakkan oleh kasih dan iman untuk memberi hidupnya bagi banyak orang dan rela menderita. Tuhan pun ingin agar kita siap mengisi hidup dengan tindakan kasih bagi orang lain, sehingga kelak, kita tak akan menangisi waktu yang telah terbuang sia-sia.

Hidup akan bermakna ketika kita memberi diri bagi orang lain.

Live Chat

Email

Phone / SMS
0811 9914 240
0817 0300 5566

Whatsapp
0822 1500 2424

Ikuti Kami