Jokowi VS Prabowo, Dua Figur Capres yang Berbeda
Sumber: Pemilu.com

Nasional / 22 May 2014

Kalangan Sendiri

Jokowi VS Prabowo, Dua Figur Capres yang Berbeda

Lori Official Writer
6009

Berdasarkan pengamatan para pengamat politik dan lembaga survei, dua figur calon presiden Jokowi VS Prabowo adalah dua sosok yang berbeda dari beragam sisi.

Hal itu berkaitan erat dengan kesuksesan masing-masing pasangan dalam memikat dukungan dari calon pemilih. Apalagi menilik fakta bahwa calon pemilih akan jauh lebih tertarik dengan ketokohan Capres dibanding dengan identitas partainya. Adapun perbedaan keduanya tampak jelas dari hal ini.

 

Jokowi lebih peduli VS Prabowo lebih pintar

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengatakan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai sebagai pribadi pintar, penuh gagasan dan tegas dibanding dengan Capres Jokowi. “Dari aspek kepribadian, Prabowo dianggap lebih tegas dan memiliki gagasan atau program yang lebih banyak dari Jokowi,” ujar Peneliti LSI, Ardian Andrian, Selasa (20/5).

Sementara figur Jokowi diunggulkan dalam tiga hal, yakni pribadi yang jujur, peduli masyarakat kecil dan mampu menyelesaikan masalah.

 

Jokowi yang sederhana VS Prabowo yang elitis

Menurut pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Kamaruddin menilai adanya perbedaan figur kedua capres. Baginya, Prabowo identik dengan penampilannya yang elitis atau erat dengan kalangan menengah ke atas, seperti saat dirinya menunggangi kuda di masa kampanye lalu.

Sementara, figur Jokowi dinilai lebih merakyat dan sederhana. “Gaya dia selama ini, pola kepemimpinannya yang dibangun menunjukkan demikian. Blusukan, santai, tanpa protokoler, dan apa adanya,” kata Kamaruddin.

Sedang keduanya dinilai memiliki kesamaan dari sisi pengalaman dalam kepemimpinannya meski dalam bidang yang berbeda. Prabowo berasal dari latar belakang militer yang pernah menjabat sebagai orang nomor satu di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sedang Jokowi berpengalaman sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Alihkan Kejenuhan Kerja Dengan Wisata Rohani Ini!

Presiden Korsel Tangisi Tragedi Sewol

Kisah Pertobatan Wanita Titisan Nyi Roro Kidul

Suara Golkar Pecah Gara-gara Jusuf Kalla

Surya Paloh Sebut Jusuf Kalla Kombinasi Ideal Jokowi

Sumber : Okezone.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami