BPJS Diresmikan, SBY: Ini adalah Lompatan Besar Indonesia Sejak Merdeka

BPJS Diresmikan, SBY: Ini adalah Lompatan Besar Indonesia Sejak Merdeka

Lori Official Writer
4928

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi meluncurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/12). Hal ini merupakan langkah besar bagi SBY sejak timbulnya kontroversi tentang Pepres berobat gratis bagi pejabat.

“Ini merupakan lompatan besar yang dilakukan negara kita sejak Indonesia merdeka,” kata Presiden SBY, seperti dilansir Tempo.co, Selasa (31/12).

SBY menegaskan bahwa Sistem Jaminan Sosial Nasional ini dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup secara layak seluruh rakyat. Hal ini, katanya, dapat menjadi jawaban atas beragam keluhan rakyat, berupa harapan untuk mendapatkan perlindungan atas risiko ekonomi, baik karena sakit, kecelakaan kerja, memasuki hari tua bahkan pensiun.

SBY mengakui BPJS ini telah dicanangkan ke dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 pasal 5 ayat (1) dan Pasal 52 UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Namun dipenghujung tahun 2013 ini, SBY resmi menyatakan BPJS Kesehatan mulai aktif beroperasi sejak 1 Januari 2014. Sedang BPJS Ketenagakerjaan aktif per 1 Juli 2014 mendatang.

Pengobatan gratis bagi rakyat dan jaminan ekonomi dan kesehatan bagi para pekerja yang akan segera dioperasikan ini, menjadi awal bagi rakyat Indonesia untuk mendapat perlakuan yang sama dengan para pemangku jabatan di negeri ini. Sebab disadari atau tidak, kemiskinan masih merajalela di tengah negeri ini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Fakta Dibalik Jatuhnya Helikopter RS Efarina Etham Berastagi

Gereja Malawi Disambar Petir, 8 Orang Tewas

Jelang Tahun Baru 2014, Ada Helikopter Jatuh di Karo

8 Peristiwa Besar Dunia Selama 2013 (2)

Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

 

Film-film Petualangan Terbaru Hiburan Akhir Tahun

Sumber : Tempo.co/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami