Kecewa dengan Sahabat? Lakukan Hal ini!

Single / 13 November 2013

Kalangan Sendiri

Kecewa dengan Sahabat? Lakukan Hal ini!

eva Official Writer
15283

Memiliki teman atau sahabat dalam segala keadaan memang menyenangkan. Terlebih lagi bila mereka dapat mengerti dan memahami keadaan kita. Namun, tidak semua teman membawa pengaruh yang baik buat kita. Beberapa ada yang mungkin memanfaatkan, menyalahkan, menghianati, atau mungkin malah memperburuk keadaan kita.

“Persahabatan sering menyakitkan,” kata Dr. Harriet Lerner, seorang psikolog dan penulis The Dance of Connection. Keadaan itu akan semakin parah apabila jika kita sudah sangat terlalu dekat dan ‘terlanjur’ menceritakan segala hal pribadi (baca: rahasia) kepada sahabat.

Menurut Dr. Keith E. Davis, seorang professor psikologi University of South Carolina, persahabatan pecah ketika salah satu teman sengaja/tidak sengaja membocorkan informasi pribadi atau rahasia kepada orang lain. Buruknya lagi, kondisi hubungan mereka yang sekarang malah lebih parah daripada konflik antar-teman biasa. Oleh karena itu, ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini:

1. Boleh dekat asal…

Kita bisa menceritakan keadaan kita kepada sahabat yang kita percayai namun tetap harus bisa memilah mana yang bersifat ‘sangat pribadi’ dan bukan. Ada kalanya seseorang menyimpan rahasia yang tidak harus dibeberkan kepada sahabat. Apalagi bila hal itu menyangkut ‘masalah keluarga’ atau masa lalu yang sifatnya confidential dan belum siap untuk dibagi.

2. Hindari rasa ketergantungan kepada sahabat

Salah satu efek paling negatif dari ketergantungan sama teman adalah posesif. Selain itu hal itu membuat kita menjadi tidak mandiri dan kehilangan identitas karena semua hal hanya ingin dilakukan berdua. Akibatnya setiap keputusan yang kita ambil tidak lagi murni dari diri sendiri namun tergantung dengan sahabat.

Penting diingat bahwa tidak ada persahabatan yang sempurna. Oleh karena itu hendaklah seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran (Amsal 17:17).

Baca juga:

Tips Membangun Komitmen Pada Pasangan

3 Kriteria Penting Berburu Pasangan Selain Penampilan Fisik

Trauma dalam Membangun Hubungan? Lakukan Cara Ini

Tips Memiliki Kedewasaan dalam Relationship

Temukan Pasangan hidup Lewat hobi. Mungkinkah?

Tips Cerdas Temukan Pasangan Lewat Media Sosial

Ketika Pengorbanan Berubah Menjadi Dimanfaatkan

Ini Dia Cara Mengatasi Trauma Putus Cinta

Pacaran Putus Nyambung? No Way!

Perang Suriah, Apakah Hasil dari Nubuat Alkitab?

 

Sumber : berbagai sumber/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami