LIPI: Indonesia Minim Pahlawan Perempuan

LIPI: Indonesia Minim Pahlawan Perempuan

Lori Official Writer
6721

Pahlawan adalah setiap pribadi yang berjuang dengan berani dan berkorban demi membela kebenaran. Mereka diakui dan diberi penghormatan sebagai pribadi yang  berdampak di tengah-tengah masyarakat dan bangsa, tanpa membedakannya baik perempuan maupun laki-laki.

Sayangnya, sepanjang sejarah bangsa Indonesia tampaknya pahlawan perempuan seperti halnya Kartini masih sangat minim. Hal ini dapat dilihat dari persentase penghargaan yang diterima oleh perempuan Indonesia yang dipandang sebagai pejuang.

Penelitian Utama LIPI dan sejarawan Indonesia Asvi Warman Adam mengatakan, dari 159 pahlawan nasional Indonesia, hanya terdapat 12 wanita yang masuk jajaran pahlawan nasional oleh yang telah diangkat oleh negara.  

“Hanya 12 pahlawan nasional wanita dari total 159 pahlawan nasional. Artinya, kita sangat kekurangan pahlawan nasional wanita. Banyak yang telah mengusulkan, tapi mentah di pemerintah,” kata Asvi dalam diskusi politik ‘Kriteria Gelar Pahlawan Nasional di Era Masa Kini’ di Tunas Indonesia Raya (Tidar) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/11), seperti dilansir Liputan6.com.

Sementara di kancah politik, peran serta perempuan hanya mencakup kuota 30 persen dan yang telah diangkat sebagai pahlawan nasional masih sebanyak 12 orang atau sekitar 10 persen saja. Dengan ini, Asvi berharap fakta ini disadari oleh pemerintah sehingga dapat memikirkan untuk memberi gelar pahlawan nasional kepada setiap sosok perempuan yang memiliki jasa dan keteladanan di tengah masyarakat.  

Menjadi pahlawan perempuan setara dengan Kartini di zaman modern ini tak lagi berbentuk perjuangan dengan senjata, namun mereka adalah para pejuang yang dipandang memiliki potensi dan telah berperan besar berkontribusi bagi bangsa baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik maupun olahraga.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Hidup Sudah Susah, Jangan Ditambah Bikin Ulah! (2)

Para Orangtua Khawatir Dengan Video Musik Pengumbar Seks

Pahlawan Nasional Indonesia dan Fakta di Baliknya

Angelica Galindez, Wanita Botak Pemenang Kontes Kecantikan

Ancelotti, Pelatih Termahal di Spanyol

Sumber : Liputan6.com/Okezone.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami