Bau Mulut Indikasikan Kanker Lambung

Bau Mulut Indikasikan Kanker Lambung

Lori Official Writer
6168

Bau mulut sering kali dipandang sebagai akibat dari kebiasaan yang salah, baik saat mengonsumsi makanan, pola perawatan mulut yang tidak baik maupun kebiasaan merokok. Namun menurut ilmu yang semakin berkembang, bau mulut dapat dijadikan sebagai indikasi penyakit kanker lambung. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari ilmuwan Israel dan China yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer.

Salah satu cara yang digunakan untuk mendeteksi penyakit kanker lambung adalah metode tes napas dengan sebuah sensor nanomaterial yang sederhana dan akurat. Tes ini dapat membantu mendeteksi jenis zat kimia apa saja yang dikeluarkan lewat napas. Hal ini dapat menentukan tingkat perkembangan kanker lambung penderita. Awalnya, penemuan ini dikembangkan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Dr. Hossam Haick dari Technion-Israel Institute of Technology dengan menganalisis jenis partikel biomaker - sejenis zat kimia - yang dikandung oleh napas.

Penelitian ini diperkuat dengan melibatkan 130 responden yang mengalami masalah lambung dan membuktikan bahwa sekitar 90 persen bau nafas yang dikeluarkan mengindikasikan penyakit kanker lambung.

“Studi awal ini menyiratkan bahwa tes napas dapat menjadi alternatif untuk mendiagnosis kanker lambung, menggantikan endoskopi yang mahal dan butuh waktu lama,” ujar Haick.

Metode tes napas yang dikenal dengan discriminant factor analysis (DFA) pattern recognition atau pengenalan pola analisis faktor diskriminan ini dapat membedakan jenis bau mulut yang disebabkan oleh makanan, tembakau maupun zat kimia yang berasal dari penyakit lambung tersebut.

Jadi, penemuan yang satu ini dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk dapat mendiagnosa penyakit kanker lambung yang hingga saat ini sangat sulit dideteksi. Selain itu, Anda juga harus waspada bahwa jenis kanker seperti ginjal, lidah dan paru-paru pun sangat berdampak menimbulkan bau mulut. Bila tidak segera ditangani, maka akan sangat sulit untuk disembuhkan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ini Dia Hal-Hal yang Bisa Membuat Wanita Ilfeel Pada Pria

Usir Bau Mulut Dari Hidup Anda

Sehabis Makan, Jangan Sikat Gigi Dulu ya!

Yuk, Cegah Kanker Dengan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Untuk Hindari Bau Mulut

Ayah Workaholic, Anak Cenderung Agresif

TV dan Internet = Baby Sitter Anak ?

Sumber : Medicaldaily.com | BBC | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami