Sehabis Makan, Jangan Sikat Gigi Dulu ya!

Solusi Sehat / 6 September 2010

Kalangan Sendiri

Sehabis Makan, Jangan Sikat Gigi Dulu ya!

Lois Official Writer
7012

Nafas mulut yang segar memang selalu didambakan, apalagi bila berada di dekat orang lain. Malu rasanya bila mulut kita berbau tidak sedap. Begitu pentingnya bau mulut yang segar itu sehingga kita selalu berusaha menjaganya. Jika habis makan, kadang kala kita langsung menyikat gigi agar mulut segar. Padahal, idealnya menyikat gigi sehabis makan dilakukan 20 menit kemudian.

Menurut Prof. drg Melanie Djamil, pakar kesehatan gigi dan mulut Universitas Trisakti Jakarta, tingkat keasaman saliva (ludah) akan menurun saat kita makan. “Ketika makan, pH akan turun dari yang normalnya 6.8 menjadi 4. Secara perlahan-lahan, ph-nya akan naik kembali dalam waktu sekitar 20 menit,” katanya.

Jika kita buru-buru menyikat gigi setelah makan, akan membuat struktur saliva rusak, padahal saliva berfungsi sebagai penyeimbang dan membantu proses pencernaan. Karena itu, jika sehabis makan, jadi buru-buru menyikat gigi. drg Melanie menyarankan agar kita berkumur dengan air putih setelah makan, hal ini disarankan karena dapat mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.

Penyebab napas berbau karena makanan yang kita makan sebenarnya yaitu bila makanan tersebut menghasilkan uap minyak dengan bau khas yang kuat, misalnya bawang merah dan bawang putih. Ada juga sayuran dan rempah yang bisa menyebabkan napas berbau busuk. Setelah makanan itu dicerna, uap makanan itu diserap dan ikut dengan peredaran darah dan dibawa ke paru-paru. Di sini gas itu ikut diembuskan bersama napas. Itulah yang menyebabkan napas menjadi bau.

Jadi, yang sebaiknya Anda lakukan sesudah makan, khususnya makanan yang baunya khas, kumurlah mulut Anda dengan air putih terlebih dahulu. Setelah 20 menit kemudian, barulah Anda dapat menyikat gigi Anda.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami