Yuk, Cegah Kanker Dengan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Sumber: shutterstock

Serba-Serbi Sehat / 10 September 2013

Kalangan Sendiri

Yuk, Cegah Kanker Dengan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Puji Astuti Official Writer
4798

Menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan hanya membuat nafas segar, namun hal ini menjadi salah satu cara pencegahan kanker yang efektif.

Salah satu penyebab kanker seperti kanker rahir dan kanker oropharyngeal (kepala dan leher) adalah Huma papilloma virus (HPV). Resiko kanker kepala dan leher bisa diturunkan dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Cukup banyak kanker oropharyngeal yang disebabkan oleh HPV sehingga kami mencoba mengungkap kaitan yang hilang antara kurang dijaganya kebersihan gigi dan mulut serta infeksi HPV," demikian pernyataan peneliti dari University of Texas Prevention Research Center, Christine Markham yang dikutip Kompas.com, Kamis (22/8).

Berdasarkan 3,439 orang responden yang menjadi objek penelitian, orang yang memiliki riwayat hidup kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut, 50 persen lebih rentan terinveksi HPV dibandingkan yang gigi dan mulutnya bersih. Selain itu, kebersihan gigi dan mulut juga dikaitkan dengan kebiasaan seks oral yang makin memperbesar kemungkinan terkena kanker.

Untuk itu disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan sikat gigi teratur, menggunakan benang gigi untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau, juga berkumur dengan menggunakan obat kumur. Selain itu disarankan mengunjungi dokter gigi minimal dua kali dalam satu tahun.

Baca juga artikel lainnya :

Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Untuk Hindari Bau Mulut

Apakah Aborsi Memicu Kanker Serviks?

Hidup di Masa Depan, Gigi Manusia Jadi Paruh

10 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Puji Tuhan Akhirnya Tuhan Yesus Datang Juga Ke Rumah Kami

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami