Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Untuk Hindari Bau Mulut
Sumber: megaanswers.com

Gizi & Nutrisi / 9 September 2013

Kalangan Sendiri

Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Untuk Hindari Bau Mulut

Puji Astuti Official Writer
8006

Sering merasa tidak percaya diri saat berbicara karena masalah bau mulut? Bau mulut sebenarnya disebabkan oleh dua hal : kebersihan mulut dan kesehatan saluran pencernaan. Artinya bau bukan hanya berasal dari dalam mulut, namu juga saluran pencernaan.

Pada kasus masalah pada pencernaan ini, Anda perlu mengkonsultasikannya dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan saran untuk melakukan diet yang seimbang antara protein, karbohidrat, dan buah-buahan serta sayuran. Sedangkan untuk masalah kebersihan mulut, Anda bisa mengatasinya dengan menyikat gigi dan juga menggunakan dental floss seusai makan.

Beberapa jenis makanan bisa juga menyebabkan bau mulut, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari :

Bawang putih dan bawang merah. Hal ini karena bau senyawa belerang yang ada dalam  bawang putih dan bawang merah akan tinggal lama di mulut dan bahkan terserap dalam aliran darah yang akan dihembuskan saat Anda bernafas.

Kopi dan arkohol. Kopi dan arkohol menjadi penyebab bau mulut karena menjadi pemicu pertumbuhan bakteria. Selain itu juga menyebabkan mulut menjadi kering dan mengurangi aliran air liur.

Sebaliknya, beberapa makanan minuman in dipercaya akan membuat bau mulut lebih baik :

Air putih. Air putih dapat membuat bakteri dalam mulut terbawa pergi dan memicu produksi air lir yang menjadi zat pembersih alami dalam mulut.

Kunyahlah beberapa rempah ini : peterseli, daun ketumbar, spearmint, tarragon, kayu putih, rosemary, dan kapulaga. Selain mengunyahnya dalam keadaan mentah, Anda bisa juga meramunya menjadi tonik atau di sedu seperti teh. Selain menyegarkan mulut, rempah-rempah tadi juga dapat membuat pencernaan lebih baik.

Konsumsilah yoghurt sehari sekali, selain mengurangi bau hidrogen sulfida pada mulut, yoghurt juga menambah bakteri baik pada mulut dan mengurangi plak atau karang gigi. Gusi juga dipastikan akan lebih sehat karenanya. Pastikan konsumsi yogurt yang sugar-free ya..

Konsumsi makanan renyah seperti apel, wortel dan seledri. Makanan berserat ini akan memerangi bau mulut atau halitosis yang salah satunya disebabkan oleh karang gigi.

Makan buah yang kaya vitamin C seperti buah sitrus, melon, karena vitamin C dapat menciptakan sebuah lingkungan  yang tidak ramah bagi bakteri penyebab bau mulut. Selain itu vitamin C juga efektif memerangi penyakit gusi dan radang gusi yang menjadi salah satu penyebab utama bau mulut. Pastikan vitamin C di dapat dari buah-buahan karena jika dari suplemen tidak akan efektif.

Baca juga artikel lainnya :

Ini Dia Hal-Hal yang Bisa Membuat Wanita Ilfeel Pada Pria

 

Usir Bau Mulut Dari Hidup Anda

Sehabis Makan, Jangan Sikat Gigi Dulu ya!

10 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Puji Tuhan Akhirnya Tuhan Yesus Datang Juga Ke Rumah Kami

Sumber : MSNBC | WebMD | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami