Jemaat GKI Yasmin : Presiden SBY Harusnya Belajar Dari Jokowi

Internasional / 1 September 2013

Jemaat GKI Yasmin : Presiden SBY Harusnya Belajar Dari Jokowi

Puji Astuti Official Writer
3693

Kembali jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Yasmin, Bogor dan juga jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia Bekasi beribadah di Jalan Medan Merdeka Utara, tepat di depan Istana Merdeka, Minggu (1/9). Tujuannya adalah mengharapkan perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas kasus penyegelan gereja mereka.

Mereka berharap Presiden SBY dapat meniru tindakan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi ketika menyikapi tindakan intoleransi seperti dalam kasus Lurah Lenteng Agung.

"Seharusnya SBY mau belajar dari Gubernur DKI Jakarta atas kasus Lurah Lenteng Agung. Beliau (Jokowi) mengesampingkan sentimen-sentimen intoleran,"  demikian pernyataan Juru Bicara GKI Yasmin, Bona Sigalingging yang dikutip Kompas.com.

"Kami hanya mau menuntut kebenaran. Kami hanya mau beribadah di gereja kami kembali. Kami enggak muluk-muluk, kami minta segel di gereja dibuka agar kami bisa beribadah," demikian tambah salah seorang anggota jemaat.

Hingga saat ini gedung gereja GKI Taman Yasmin dan juga HKBP Filadelfia masih disegel sehingga jemaat tidak bisa menggunakannya untuk beribadah. Untuk GKI Yasmin sendiri, sebenarnya Mahkamah Agung sudah memenangkan perkara mereka, namun Pemkot Bogor tidak mematuhi putusan MA tersebut.

Kasus intoleransi terhadap kelompok minoritas di Indonesia  sering terjadi, namun pemerintah tidak bertindak tegas untuk menyelesaikannya dan membiarkannya berlarut-larut. Hal ini ditakutkan akan menyuburkan tindakan intoleransi, padahal Indonesia merupakan sebuah negara dengan multi etnis, budaya, dan agama.

Baca juga artikel lainnya :

Dikritik Tak Pantas Dapat Anugerah World Statesman, Ini Jawaban SBY

Ahmadiyah Kembali Diserang, Masjid dan Al-Quran Dibakar

Ratusan Rohaniawan Datangi Ketua MPR Terkait Kebebasan Beribadah

Smash & Tantri Kotak Bangga Indonesia Jadi Penyelenggaraan Miss World

Dapatkan FREE TICKET Launching Superbook!

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami