Melawan Akar Pahit

Melawan Akar Pahit

daniel.tanamal Official Writer
      10792
Show English Version

Efesus 4:3
"Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan."


Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu32[/kitab]; [kitab]iTesa4[/kitab]; [kitab]Yesay17-18[/kitab]

Kehidupan begitu cepatnya berubah dan bergulir. Namun apakah diri kita juga berubah dan bergulir seturut dengan Firman Tuhan? Terutama kita yang seringkali menyimpan kemarahan di masa lalu yang tak pernah diselesaikan.

Mungkin di masa-masa lalu terjadi kegeraman, pertikaian, saling membenci, saling memfitnah di antara keluarga, teman, rekan sepelayanan atau di mana saja. Apakah sampai hari ini rasa itu masih tertanam di dalam kita, sehingga timbul suatu akar pahit? Apakah kita terus diam saja dan bersikap seolah-olah tidak terjadi apa-apa, padahal di hati kita masih berkemelut rasa dendam, pahit dan sakit hati?

Sebagai anak-anak Tuhan kita tidak boleh terus-menerus menyimpan akar pahit itu.  Harus segera dibereskan! Kita harus dengan rendah hati datang kepada Tuhan Yesus dan membuka hati kita untuk dijamah dan diselidiki oleh Roh Kudus sehingga kita menyadari segala perbuatan salah kita dan bukan sebaliknya: kita tetap merasa benar dan menyalahkan orang lain.

Jika telah diperdamaikan atau ditegur oleh pihak lain demi kebaikan kita janganah kita marah dan dendam. Jangan pernah berharap Tuhan akan mengampuni kita apabila kita tidak mau mengampuni orang lain.  Ditegaskan “..jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.  Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang.  Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." (Matius 6:14-15).

Tuhan tidak menghendaki kita memiliki dendam dan terus-menerus menyimpan akar pahit. Kita harus bersikap ramah, penuh kasih mesra dan saling mengampuni satu sama lain.
 

 

Ikuti Kami