Presiden SBY : Di Indonesia Rumah Ibadah Berlimpah
Sumber: AP Photo/Jason DeCrow

Internasional / 31 May 2013

Kalangan Sendiri

Presiden SBY : Di Indonesia Rumah Ibadah Berlimpah

Puji Astuti Official Writer
3393

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menerima berbagai kecaman karena mendapat penghargaan World Statesman Award  dari Appeal of Conscience Foundation karena dinilai tidak terbukti mampu menjaga toleransi beragama di Indonesia, dalam pidatonya seperti membantah semua kecaman tersebut.

Saat menerima penghargaan tersebut di New York, Amerika Serikat, SBY mengungkapkan bahwa di Indonesia semua agama dapat membangun rumah ibadahnya sendiri dan jumlahnya pun melimpah.

"Saat ini, Indonesia memiliki lebih dari 255.000 mesjid. Kami juga memiliki lebih dari 13.000 pura Hindu, sekitar 2.000 kuil Budha, dan lebih dari 1.300 kuil Konghucu. Dan—hal ini mungkin akan mengejutkan—kami memiliki lebih dari 61.000 gereja di Indonesia," demikian ucap Presiden SBY, Jumat (31/5) di Hotel Pierre, New York, Amerika Serikat.

Presiden SBY bahkan membandingkan jumlah gereja di Indonesia lebih banyak dari yang ada di Inggris ataupun Jerman. Pada acara yang dihadiri mantan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger tersebut, Presiden SBY menjanjikan akan menjaga Indonesia yang terdiri dari ratusan etnis dan berbagai agama dan kepercayaan tetap hidup berdampingan dalam kebebasan dan persaudaraan.

Presiden SBY menerima langsung penghargaan World Statesman Award dari pemuka agama Yahudi, Rabbi Arthur Schneier yang juga presiden dan pendiri Appeal of Conscience Foundation, yayasan yang memberikan penghargaan tahunan World Statesman Award.

Sekalipun adanya tindakan intoleransi yang terjadi atas umat minoritas seperti yang dialami kelompok Ahmadiyah, Syiah dan beberapa gereja tidak terlalu dianggap oleh Presiden SBY, namun semua itu fakta yang tidak terelakkan. Walau demikian, Presiden SBY patut diberi selamat atas penghargaan yang diterimanya, semoga saja hal itu bisa memacunya untuk melakukan tindakan nyata dalam membela umat minoritas yang sering mengalami intoleransi.

Baca juga artikel lainnya :

Dikritik Tak Pantas Dapat Anugerah World Statesman, Ini Jawaban SBY

Ahmadiyah Kembali Diserang, Masjid dan Al-Quran Dibakar

Ratusan Rohaniawan Datangi Ketua MPR Terkait Kebebasan Beribadah

Ciptaan Baru

6 Makanan dan Minuman Sehat Untuk Lawan Alzheimer

Tuhan Menolong Mamaku Sembuh Dari Komplikasi Diabetes dan Stroke!

Sumber : Tempo.co | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami