6 Makanan dan Minuman Sehat Untuk Lawan Alzheimer
Sumber: www.thekitchn.com

Gizi & Nutrisi / 27 May 2013

Kalangan Sendiri

6 Makanan dan Minuman Sehat Untuk Lawan Alzheimer

Puji Astuti Official Writer
6409

Salah satu cara menjaga otak kita tetap sehat adalah olahraga dan makan yang benar. Terlebih untuk mereka yang menderita Alzheimer atau demensia, karena gizi buruk dapat memperburuk kondisinya dan menyebabkan berat badan turun drastis.

Hal krusial yang perlu kita ketahui adalah, karena otak 60 persennya adalah lemak - ini adalah bagian paling berlemak dari tubuh - makanan berlemak yang kita makan dapat mempengaruhi kesehatan otak kita. Lemak trans dan gula dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Namun ada beberapa jenis makanan yang mengandung lemak baik dan dapat mengurangi resiko terkena Alzheimer.

1. Walnuts, almond, dan kacang Hazelnuts

Kacang walnuts mungkin kecil, namun makanan ini mengandung banyak nutrisi. Kacang ini mengandung asam lemak omega-3, lemak yang dibutuhkan oleh otak kita. Sebuah studi yang dilakukan oleh New York State Institute menemukan bahwa tikus yang diet hanya mengkonsumsi walnuts menunjukkan perbaikan memory dan kordinasi motorik.  Selain asam lemak omega 3, kelebihan kacang walnuts, almond dan haselnuts mengandung vitamin E dan flavonoit yang dapat melindungi otak dari kerusakan.

2. Ikan Salmon, Mackarel, dan Sarden

Ikan yang mengandung Omega-3 sepert Salmon dapat menurunkan tingkat beta-amyloid dalam darah, protein yang berperan menyebabkan Alzheeimer. Disarankan untuk mengkonsumsi ikan jenis ini  8 ons perminggunya - paling baik adalah ikan segar, tapi juga Anda bisa bicara dengan dokter Anda untuk meresepkan suplemen minyak ikan.

3. Berri - Stroberry, Blueberrie dan Cranberri

Berri mengandung antioksidan yang tinggi, antioksidan berfungsi seperti sapu yang membersihkan tubuh dari kotoran. Selain itu kandungan polyphenols juga dapat menghentikan peradangan dan membuat sel otak bekerja dengan lebih baik.

4. Bayam dan sayuran berdaun hijau

Bayam kaya dengan serat dan antioksidan. Menurut sebuah riset, wanita berusia 60an tahun yang makan banyak sayur hijau lebih sehat daripada yang tidak, baik secara ingatannya, verbal ataupun saat di test yang lain.

5. Tumeric

Anda tahu makanan India, Kari? Ternyata bumbu kari yang bernama turmeric dapat membantu menghindarkan penyakit Alzheimer. Kandungan curcumin dalam turmeric menurut sebuah penelitian UCLA mengandung vitamin D3 yang dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh dan membuang asam amino di otak yang menjadi penyebab Alzhaimer. Jadi lann kali jika memasak, bumbu kari bisa menjadi pilihan alternatif untuk makanan sehat.

6. Kopi dan coklat

Kafein dalam kopi ternyata memeliki dampak yang baik bahkan bagi mereka yang sudah berusia lanjut karena memperlambat tanda-tanda Alzheimer. Selain kopi, minuman yang bisa menjadi pilihan sehat adalah coklat hitam atau dark chocolate. Coklat jenis ini sangat baik bagi kesehatan otak karena mengandung flavonoids, sebuah zat yang dapat membantu memerangi serangan jantung dan juga memperlambat demensia.
Kembali diingatkan bahwa memerangi Alzheimer bukanlah hal yang mudah, butuh perubahan gaya hidup, mulai dengan mengatur pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur.

Sumber : Berbagai sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami