Beragam Peluang Bisnis Layanan Kesehatan
Sumber: cpainerie.com

Investment / 29 May 2013

Kalangan Sendiri

Beragam Peluang Bisnis Layanan Kesehatan

Puji Astuti Official Writer
14880

Bisnis layanan kesehatan, saat ini menjadi sebuah usaha yang menjamur dan menjanjikan keuntungan yang besar. Selain itu jenisnya pun beragam serta peluangnya masih terbuka lebar. Mulai dari layanan kesehatan yang sederhana seperti pemeriksaan gula darah dan tekanan darah, hingga yang lengkap seperti rumah sakit modern atau yang beberapa waktu lalu berlabel rumah sakit internasional.

Potensi pengguna layanan kesehatan bisa dikatakan semua kelompok usia dan juga sosial. Contohnya, untuk bayi dan anak-anak mereka membutuhkan jasa kesehatan imunisasi, kesehatan anak, gizi, gigi dan masih banyak lagi. Dengan menyasar kelompok usia tertentu, maka bentuk layanan juga bisa disesuaikan sehingga membuat usaha tersebut unik. Seperti layanan kesehatan untuk anak, peralatan dan ruangan bisa dibuat ramah anak.

Beberapa peluang usaha layanan kesehatan yang menjamur saat ini adalah berikut :

Apotek

Apotek sebagai pusat penjualan obat dengan ijin resmi menjadi salah satu bisnis yang telah lama teruji. Saat ini selain apotik atas nama pribadi atau perusahaan mandiri, muncul juga apotek dengan sistem franchise. Dengan sistem franchise ini maka membuka peluang pemilik modal bisa membuka apotek tanpa harus memiliki latar belakang pendidikan seorang apoteker. Untuk franchise apotik minimal modal yang ditawarkan sebesar 750 juta rupiah.

Laboratorium

Jika dulu laboratorium kesehatan biasanya menjadi satu kesatuan dengan institusi kesehatan seperti rumah sakit, maka kini bermunculan laboratorium kesehatan mandiri dan juga ada yang telah membuka peluang franchise. Modal awal untuk bisnis ini mulai dari 500 juta rupiah hingga 7 miliar lebih.

Klinik Kesehatan

Para dokter biasanya memulai usaha awal dengan membuka praktek pribadi hingga berkembang menjadi klinik. Namun dengan adanya pemodal saat ini, banyak klinik yang muncul dengan sistem waralaba juga. Mulai dari klinik umum, gigi, hingga klinik kesehatan.

Rumah sakit

Layanan rumah sakit masih tetap menjanjikan keuntungan sekalipun muncul banyak klinik kecil. Banyak hal yang tidak tertangani akhirnya tetap dirujuk kepada rumah sakit. Tentunya untuk membangun sebuah rumah sakit bukanlah hal yang mudah, mulai dari perijinan hingga proses membangun kepercayaan. Untuk yang satu ini dibutuhkan konsultan yang menguasai bidangnya.

Maraknya bisnis layanan kesehatan akhir-akhir ini menimbulkan keprihatinan tersendiri, mengingat mahalnya layanan kesehatan yang seringkali tidak terjangkau oleh mayoritas masyarakat dan juga rendahnya kesadaran dari pemberi layanan untuk memegang kode etik mengingat hal ini berhubungan dengan kemanusiaan.

Untuk itu dalam mengembangkan bisnis dalam layanan kesehatan harus diikuti kesadaran bahwa usaha ini bukan sekedar untuk mencari keuntungan namun juga untuk menolong orang lain memperoleh kesehatan yang lebih baik. Dengan sikap seperti ini, maka bisnis kesehatan tersebut dapat membangun kepercayaan dikalangan masyarakat.

Baca juga artikel lainnya :

Bayinya Tidak Jadi Mati, Wanita Ini Tuntut Klinik Aborsi

Jokowi Buka Klub Wirausaha Muda

Dinas Kesehatan Jakarta Utara Jatuhkan Sanksi Kepada Klinik Tong Fang

Ciptaan Baru

6 Makanan dan Minuman Sehat Untuk Lawan Alzheimer

Tuhan Menolong Mamaku Sembuh Dari Komplikasi Diabetes dan Stroke!

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami