Resolusi 2013: Diet & Tubuh Lebih Sehat (Sesi 2)

Resolusi 2013: Diet & Tubuh Lebih Sehat (Sesi 2)

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
2806

Melanjutkan pembahasan beberapa waktu lalu, kami paparkan beberapa pilihan alternatif yang sederhana dan tidak muluk-muluk, untuk daftar resolusi kesehatan Anda di 2013.

Kurangi garam

Garam adalah penyedap rasa paling nikmat buat segala makanan, tanpa garam makanan rasanya akan hambar. Anda tak perlu diet tanpa garam, ini justru akan membuat Anda makin depresi dan mudah menyerah. Cukup kurangi saja camilan tinggi garam seperti keripik atau junk food.  Cara lain yang wajib Anda lakukan adalah mengosongkan rumah dari makanan kemasan. Penuhi saja dengan buah, jadi tiap kali Anda ingin mengemil yang tersedia hanya buah.  Lalu batasi memesan makanan dari restoran cepat saji menjadi seminggu sekali. Paling penting kurangi acara makan di luar.

Bila Anda terbiasa makan siang dan malam di luar karena jam kerja yang panjang. Pangkas kebiasaan Anda dengan hanya makan malam di luar, makan siang cukup membawa bekal. Jika Anda berhasil mengurangi makanan asin, selera Anda akan menyesuaikan dari waktu ke waktu, pada akhirnya Anda bisa menikmati makanan dengan sedikit garam.

Jangan lewatkan waktu makan

Daripada pusing-pusing menghitung kalori, dan berusaha berdiet ketat, mending perhatikan pola makan Anda dulu. Fokus saja pada makan dengan teratur, 3 kali sehari. "Ketika gula darah kita turun, kita cenderung tertarik dengan makanan manis atau asin untuk menaikkan gula darah secepat mungkin," urai Grotto. Hasilnya adalah tubuh sepanjang hari seperti roller coaster, gula naik turun dengan cepat. Maka, Anda pun akan mengalami kelelahan, kelaparan, dan perangkap lemak. Bahkan, orang yang melewatkan sarapan cenderung mengkonsumsi banyak minuman manis atau makanan tinggi kalori.

Rebus telur sebelum mandi agar Anda punya sarapan yang cepat dan mudah, Grotto menyarankan. Menyimpan buah seperti pisang dan kacang-kacangan panggang di rumah, di dalam mobil serta tas, jadi Anda punya makanan untuk sarapan jika sedang terburu-buru.

Makan Kacang

Lupakan keripik kentang, stik keju atau cookie sebagai camilan di tahun depan. Pilihlah yang lebih sehat namun tak kalah gurih dan enak seperti kacang-kacang; almond, walnut, kacang tanah, hazelnut atau mede. Kacang telah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol. Studi yang diterbitkan dalam jurnal 'Circulation' menemukan bahwa orang yang makan dua genggam kacang almond per hari, kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 9,4 persen. Kacang walnut bahkan bisa menurunkannya sekitar 10 persen. Mungkin Anda berpikir ngemil kacang lebih mahal daripada keripik kentang atau biskuit, tapi rasakanlah hasilnya untuk kesehatan Anda. Lebih baik (dan murah) mencegah daripada mengobati bukan?

Diet Serat Tinggi

Dr Bhuvaneshwari Shankar, ahli diet dari rumah sakit Apollo di India menyarankan untuk makan buah-buahan dan sayuran lebih banyak. Makanan ini bisa meningkatkan gerakan usus pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. "Serat dapat menyerap kolesterol buruk (LDL) yang berlebihan dalam darah dan membuangnya. Anda bisa juga makan bubur gandum karena mereka memiliki fungsi yang sama," ujarnya menambahkan.

 

Baca Juga :

Memperkenalkan Yesus Kristus Kepada Anak Sejak Dini

3 Hal Yang Kontradiksi Dari Miss Universe Olivia Culpo

Sebagai Sesama Minoritas, Kasus HKBP Usik Warga Papua

Waspada Dengan Sahabat Palsu

Selalu Baru & Dinamis

Banyak Hal Ganggu/Rusak 'Feel' Seks Suami Istri (Sesi 2)

Sumber : banyak sumber / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami