Pelaku Penembakan Connecticut Sakit Mental?

Nasional / 16 December 2012

Kalangan Sendiri

Pelaku Penembakan Connecticut Sakit Mental?

Puji Astuti Official Writer
2612

Penembakan membabi buta yang dilakukan oleh seorang pemuda berusia 20 tahun yang menewaskan 26 orang di Newtown, Connecticut telah mengejutkan Amerika Serikat bahkan dunia. Penembakan kedua yang terjadi di tahun 2012 tersebut kembali menyulut perdebatan tentang undang-undang kepemilikan senjata api di negeri Paman Sam tersebut.

Pelaku penembakan diidentifikasi sebagai Adam Lanza, putra kedua dari Peter dan Nancy Lanza. Adam dikenal sebagai pemuda yang pendiam dan pemalu namun pintar. Menurut keterangan sang kakak, Ryan Lanza, Adam mengidap penyakit mental.

Jumat lalu (14/12), Adam mendatangi Sandy Hook Elementary School dengan kendaraan ibunya bersenjatakan tiga senjata api. Disana Adam menembaki murid-murid dan guru, 20 orang murid yang usianya antara 5-10 tahun tewas, juga 6 orang guru. Menurut penyelidikan, sebelum pergi ke sekolah tempat ibunya bekerja, Adam telah membunuh ibunya Nancy Lanza di rumah mereka. Setelah membunuh puluhan orang dalam satu hari, Adam bunuh diri di tempat kejadian.

Hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi apa yang menjadi motif penembakan. Namun diperkirakan tekanan mental karena perceraian Nancy dan Peter Lanza yang terjadi di tahun 2009 lalu serta sikap anti-sosial Adam menjadi salah satu pemicunya.

Senjata api adalah barang legal di Amerika Serikat, seperti senjata yang digunakan Adam adalah milik ibunya, Nancy yang merupakan kolektor dan memiliki 5 buah senjata. Namun seperti yang telah terjadi, senjata api tersebut jatuh pada tangan yang salah dan pada akhirnya menewaskan puluhan korban yang tak berdosa.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami