Belajar di Goa Adulam
Kalangan Sendiri

Belajar di Goa Adulam

Contasia Christie Official Writer
      391

Mazmur 142:1-2

"Nyanyian pengajaran Daud, ketika ia ada di dalam gua: suatu doa. Dengan nyaring aku berseru-seru kepada TUHAN, dengan nyaring aku memohon kepada TUHAN."

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 125; 1 Korintus 14; 1 Samuel 16-17

Sendiri dan dirundung oleh banyak masalah, menjadi buronan dan yang paling buruk dirinya di kelilingi oleh empat ratus orang bermasalah juga, itulah yang dialami Daud saat ia sedang bersembunyi di gua Adulam. Dia punya dua pilihan, tetap berada di goa itu dan terkubur bersama rasa sepi dan mengasihani diri atau mencari dan menggunakan kesempatan itu untuk bertumbuh.

Mari lihatlah apa yang Daud pilih, di goa Adulam itu Daud mengarahkan pandangannya pada Tuhan dan melihat kebesaran-Nya. Jadi jika Daud bisa melakukannya, kita juga bisa.

Mari kita sama-sama lihat pelajaran apa yang Daud dapatkan dari masa-masa sulit itu:

  • Dalam kesendiriannya Daud belajar bahwa Tuhanlah satu-satunya tempat perlindungan baginya. (Mazmur 142:6a)
  • Dalam kesendiriannya Daud belajar bahwa Tuhanlah bagiannya dan belajar percaya pada janji Tuhan yang akan mencukupkan segala kebutuhannya dalam keadaan yang sulit itu. (Mazmur 142:6b)
  • Saat-saat kesepian itu, Daud belajar bahwa Tuhanlah satu-satunya pendengar yang setia. Saat kesepian seperti ini adalah waktu yang tepat untuk mempercayai Juru Selamat kita, bahwa Dia akan menolong kita tepat pada waktunya. (Mazmur 142:7a).
  • Dalam kesendiriannya dan segala kesulitannya, Daud belajar bahwa Tuhanlah satu-satunya yang layak disembah. Kesepian adalah waktu untuk menyembah Tuhan, bahkan saat Anda merasa tidak ingin melakukannya. (Mazmur 142:8a)
  • Dalam kesendiriannya Daud belajar bahwa Tuhanlah sumber kehidupannya. (Mazmur 142:8b)

Jadi hari ini, apa yang sedang Anda alami? Apapun keadaannya mari kita belajar seperti Daud. Mari kita andalkan Tuhan dan menjadikan Tuhan tempat perlindungan kita. Percayalah, jika Anda tidak menjadi lemah kepercayaan Anda, maka Anda akan melihat Tuhan melakukan perkara-perkara besar dalam hidup Anda.

 

Saat Anda dalam kesendirian dan dirundung berbagai masalah, itu adalah waktu paling tepat untuk menyembah Tuhan.

Ikuti Kami