Lidah Yang Seperti Apa Lidah Anda?
Kalangan Sendiri

Lidah Yang Seperti Apa Lidah Anda?

Lois Official Writer
      4460

Amsal 12:18-19

"Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan. Bibir yang mengatakan kebenaran tetap untuk selama-lamanya, tetapi lidah dusta hanya untuk sekejap mata."

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 74; Ibrani 8; Nahum 1-3

Ada jenis kejahatan yang halus dan secara perlahan-lahan merusak kehidupan. Kejahatan ini ‘halus’ sebab bekerjanya merambat dan menyelinap perlahan-lahan dan konsekuensinya tidak langsung kelihatan walaupun bisa berakibat fatal bagi jiwa dan emosi manusia. Kejahatan ini bisa secara perlahan-lahan membunuh emosi dan semangat hidup seseorang.

Kitab Amsal berkata bahwa hidup dan mati dikuasai oleh lidah. Lidah kita dapat menjadi alat untuk melakukan kejahatan yang halus seperti fitnah, kritik yang pedas dan menjatuhkan, kata-kata negatif, dan tidak membangun tapi malah menghancurkan.

Ada anak yang selalu dibilang bodoh oleh orangtuanya, secara perlahan-lahan sang anak pun merasa dirinya bodoh dan tidak sanggup berpikir. Ada teman yang bukannya memberikan kekuatan tapi malah kata-kata negatif sehingga temannya itu malah merasa diri tidak berguna dan akhirnya bunuh diri. Saudara saling menjelekkan, sesama orang Kristen saling menuduh, dan masih banyak lainnya. Lantas, sampai kapan kita akan terus seperti itu?

Oleh sebab itu, berhati-hatilah dengan lidah kita dan jangan menggunakannya utnuk berbuat jahat kepada sesama kita, jangan buat kejahatan ‘halus’ itu tapi berikan dampak yang positif bagi orang lain.

Kejahatan ‘halus’ dengan lidah Anda membuat dampak yang luar biasa jeleknya, tapi kebaikan yang terasa ‘kasar’ / nyata membuat hidup orang lain begitu luar biasa baiknya.

Ikuti Kami