Menjadi Sahabat Allah
Kalangan Sendiri

Menjadi Sahabat Allah

Budhi Marpaung Official Writer
      7111
Mazmur 25:14
"TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka."

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 90; Lukas 11; 2 Raja-raja 36:1-8

Setiap kita di dunia ini pasti memiliki seorang teman, tetapi tidak semua memiliki seorang sahabat. Mengapa saya mengatakan seperti itu? Karena dalam kenyataannya menemukan seorang sahabat itu sangatlah sulit. Namun, ketika kita telah menemukannya, maka kita akan terus menjaga hubungan persahabatan antara kita dengan sahabat kita.  

Menurut ahli kejiwaan, persahabatan lebih tinggi nilainya dari berpacaran sekalipun. Hal ini disebabkan adanya ikatan emosi dalam ikatan tersebut. Banyak kasus persahabatan yang bubar ketika arahnya berubah menjadi proses saling cinta, itulah yang menjadi bukti betapa persahabatan itu nilainya begitu berharga. Ada sukacita tersendiri saat kita bisa sharing dengan sahabat, saling mendukung dan menolong saat mengalami kesulitan. Begitupun dengan yang Tuhan rindukan dalam menjalin hubungan dengan manusia.

Walaupun Dia adalah Allah yang besar, Pencipta langit dan bumi, Penguasa alam semesta, namun Dia rindu menjadi sahabat manusia. Ayat nats hari ini begitu jelas memberitahukan bahwa Allah mau menjadi sahabat kita. Ada dua pernyataan dalam ayat ini, yakni: Tuhan bergaul karib dengan orang-orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. Terjemahan asli dari pernyataan kedua adalah: "Rahasia Allah ada pada mereka yang takut akan Dia". Kalau Tuhan memberitahukan rahasia-Nya kepada kita, itu berarti kita dekat sekali dengan Tuhan. Tetapi jangan menganggap semua hal rahasia akan Tuhan beritahukan bagi kita, ada porsi dimana rahasia Tuhan itu tetaplah bagian Tuhan. Rahasia Allahini lebih banyak berbicara mengenai hikmat yang Allah beri untuk mengerti firman-Nya (Kolose 2:2).

Hanya kepada orang-orang yang takut Tuhan saja Dia berkenan untuk bergaul karib. Kalau Yesus menjadi sahabat kita, maka Dia akan selalu menaruh kasih setiap waktu dan Dia menjadi saudara dalam kesukaran.

Tidak ada hal yang lebih indah ketika Yesus menjadi sahabat kita

Ikuti Kami