Iri Hati

Iri Hati

Admin Spiritual Official Writer
      7777
Ulangan 10:17
Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap.

 

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 43; Kisah Para Rasul 15; Keluaran 35-36

Kalau kita baca Matius 20, kebanyakan dari kita pasti bisa merasakan kekesalan hamba yang masuk kerja dari pagi. Pasti kita protes dengan ketidakadilan yang terjadi di situ. Seandainya kita berada di posisi mereka, sudah pasti kita akan demonstrasi menuntut upah lebih yang sudah seharusnya menjadi hak kita.

Kisah di Matius 20 itu sebetulnya bukan berfokus pada upah hamba, tapi pada kasih karunia tuan yang tidak membeda-bedakan hambanya. Nyatanya kebanyakan dari kita susah untuk memahami kasih karunia si tuan itu. Mengapa bisa demikian? Karena kita berfokus pada diri sendiri. Seringkali kita menganggap bahwa diri layak untuk mendapatkan lebih. Dan hal ini diperburuk dengan kecenderungan suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain sehingga membuka celah bagi iblis untuk menabur benih iri hati. Apabila sudah demikian, akan cukup sulit bagi kita untuk mengucap syukur dan memahami betapa besar kasih karunia Tuhan yang sudah kita alami. Dulunya kita adalah manusia berdosa yang pantasnya tinggal di neraka, tapi sekarang kita telah menerima hidup kekal tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.

Satu tips terbaik ketika iri hati menyerang atau ketika kita merasa diperlakukan dengan tidak adil, ingatlah selalu kasih karunia Allah begitu besar bagi hidup kita.

Orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, orang bebal dimatikan oleh iri hati.

Ikuti Kami