Penelitia Temukan Petunjuk, Harapan Baru Bagi Penderita Fibromyalgia
Sumber: Google

Serba-Serbi Sehat / 13 August 2013

Kalangan Sendiri

Penelitia Temukan Petunjuk, Harapan Baru Bagi Penderita Fibromyalgia

Puji Astuti Official Writer
6900

Peneliti dari Massachusetts General Hospital menemukan petunjuk baru tentang penyebab penyakit fibromyalgia. Menurut jurnal Pain, sebuah penelitian menemukan bahwa hampir setengah penderita fibromyalgia mengalami kerusakan saraf serabut yang ada di bawah kulit mereka dan bukti lain dari penyakit bernama small-fiber polyneurapathy (SFPN).

Gejala fibromyalgia diantaranya adalah rasa nyeri berkepanjangan, kelelahan, masalah tidur dan memori. Penyakit ini hingga saat ini belum diketahui penyebabnya dan belum ditemukan cara pengobatannya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital terhadap 27 pasien fibromyalgia menemukan bahwa 13 orang diantanya terbukti memiliki masalah small-fiber polyneuropathy. Tidak seperti fibromyalgia, SFPN telah ditemukan penyebabnya dan bisa diobati.

"Hal ini memberi beberapa bukti obyektif pertama dari mekanisme dibalik penyebab fibromyalgia, dan mengidentifikasi penyebab adalah langkah mendasar untuk menemukan pengobatan yang lebih baik," demikian ungkap Dr Anne Louise Oaklander, seorang profesor neurology di Harvard Medical School yang dikutip jurnal tersebut.

Menurut Dr Anne, dengan hasil penelitian ini, beberapa pasien fibromyalgia bisa mendapatkan perawatan lebih baik, namun hal ini tidak bisa diterapkan kepada semua pasien karena fibromyalgia sendiri adalah sebuah penyakit yang kompleks dan perlu terus melakukan penelitian untuk menemukan penyebab dan cara pengobatannya.

Penyakit fibromyalgia sendiri menjangkiti 1 persen hingga 5 persen masyarakat di dunia Barat, dan sebagian besar adalah wanita. Indonesia sendiri merupakan negara dengan penderita fibromyalgia tertinggi di wilayah Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir ini.

Baca juga artikel lainnya :

Alami Fibromyalgia? Atasi Dengan Diet Makanan Ini

Kalium Mineral Penting Untuk Fungsi Saraf

Kebiasaan Mengunyah Satu Sisi Mulut Sebabkan Migrain

Grace Natalie & Abbas Yahya : Inspirasi dari Balik Kamera

Kesaksian Istri Seorang Debt Collector

Sumber : Dailyrecord.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami