Alami Fibromyalgia? Atasi Dengan Diet Makanan Ini
Sumber: Google

Gizi & Nutrisi / 12 August 2013

Kalangan Sendiri

Alami Fibromyalgia? Atasi Dengan Diet Makanan Ini

Puji Astuti Official Writer
15135

Apakah Anda pernah mendengar penyakit bernama Fibromyalgia? Mungkin sedikit asing bagi Anda. Fibromyalgia adalah penyakit kronis yang menyebabkan penderita mengalami rasa sakit dan pembengkakan pada lebih dari selusin titik di berbagai bagian tubuh.

Walau saat ini diperkirakan sekitar 5 juta orang menderita penyakit ini, namun dunia kedokteran masih belum menemukan penyebab pasti dari penyakit ini dan cara pengobatannya. Ciri-ciri penyakit ini berupa : rasa sakit, gelisah, menurunnya konsentrasi dan masalah ingatan (fibro fog), depresi, kelelahan, sakit kepala, irritable bowel syndrome, kekakuan pada pagi hari, kram saat menstruasi, sulit tidur, mati rasa dan kesemutan pada tangan, lengan, dan kaki, serta masalah urinari.

Pengobatan awal biasanya dilakukan dengan pemberian antidepresi yang akan mengurangi rasa sakit, kelelahan dan sulit tidur. Selain obat-obatan dan terapi, gejalan Fibromyalgia juga bisa dikurangi dengan diet yang tepat, walau demikian karena setiap orang bisa memiliki reaksi berbeda terhadap makanan, maka disarankan tetap dengan pengawasan dokter. Berikut adalah beberapa panduan diet yang bisa dilakukan :

1. Menambah asupan vitamin D

Kebanyakan orang dewasa kekurangan vitamin D, untuk itu penderita fibromyalgia perlu menambah vitamin yang bisa diperoleh dari sinar matahari pagi tersebut. Penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sakit pada tulang dan otot, dengan menambah asupan vitamin D dalam bentuk suplemen dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

2. Hindari zat aditif

Hindari zat aditif dalam makanan Anda seperti monosodium glutomat (MSG) dan aspartam, zat tersebut dapat memicu neuron yang meningkatkan kepekaan pada rasa sakit. Bahkan peneliti yang menggunakan sampel terhadap empat pasien menemukan bahwa dengan menghilangkan MSG dan aspartam berhasil mengurangi gejala fibromyalgia. Walau penelitian ini belum cukup kuat, namun patut dijadikan sebuah panduan untuk meningkatkan kewaspadaan.

3. Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 banyak ditemukan pada ikan seperti ikan salmon, sardin, dan tuna, juga terdapat dalam biji-bjian seperti kenari, gandum utuh, walnut dlll. Asam lemak omega 3 dikenal mengurangi peradangan dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular.  

4. Hindari kafein

Kopi dapat menjadi masalah besar bagi penderita fibro, karena kandungan kefeinnyya menyebabkannya sulit tidur yang akhirnya dapat memperburuk penyakitnya. Untuk itu, sebagai pengganti kopi disarankan mengkonsumsi teh hijau, selain mengandung kafein yang lebih rendah juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan.

5. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Beberapa peneliti berspekulasi bahwa stres oksidatif bisa menyebabkan seseorang mengalami fibromyalgia. Stres oksdatif terjadi ketika tubuh tidak cukup memproduksi antioksidan untuk memerangi radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan penting dan juga vitamin A,C dan E untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, penderi fibromyalgia juga disarankan untuk olahraga secara teratur. Karena olahraga adalah satu-satunya cara untuk menjaga otot tetap kuat dan flaksibel, bahkan dapat mengurangi rasa sakit pada persendian loh. Walau demikian saat berolahraga pastikan Anda mendapat pendampingan dari seorang profesional ya.

Baca juga artikel lainnya :

Kalium Mineral Penting Untuk Fungsi Saraf

Kebiasaan Mengunyah Satu Sisi Mulut Sebabkan Migrain

Kesalahan yang Semakin Memperburuk Nyeri Punggung

Grace Natalie & Abbas Yahya : Inspirasi dari Balik Kamera

Kesaksian Istri Seorang Debt Collector

Sumber : Prevention | WebMD | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami