Kebiasaan Mengunyah Satu Sisi Mulut Sebabkan Migrain

Info Sehat / 9 September 2012

Kalangan Sendiri

Kebiasaan Mengunyah Satu Sisi Mulut Sebabkan Migrain

Lestari99 Official Writer
7061

Jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut dengan migrain, coba Anda perhatikan kebiasaan Anda saat mengunyah makanan. Siapa tahu selama ini Anda terbiasa mengunyah makanan hanya dengan satu sisi mulut saja. Karena ternyata sisi kanan dan kiri mulut yang tidak berperan seimbang dapat berpotensi menyebabkan migrain.

“Mengunyah makanan dengan satu sisi mulut menyebabkan otot tebal dan kuat hanya di satu sisi tersebut. Otot muka di sisi kanan dan kiri menjadi asimetris,” ungkap pakar ortodonti yang juga Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Prof. Eky Soemantri.

Otot yang asimetris tersebut akan mengakibatkan gangguan sendi otot atau disebut temporo mandibular joint. Gangguan sendi otot inilah yang dapat menyebabkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan dua sisi mulut. Karena selain mencegah migrain juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak banyak yang tahu bahwa mengunyah itu sendiri sebenarnya memiliki sifat self cleansing. Kunyahan akan memproduksi air liur pada mulut. Air liur inilah yang secara alami akan melawan kuman yang ada di mulut.

Bila hanya mengunyah di satu sisi saja maka yang akan bersih satu sisi tersebut. Sedangkan sisi yang lain beresiko lebih banyak timbul plak atau karang gigi,” jelas Eky.

Sangatlah penting untuk memiliki kebioasaan mengunyah yang baik. Makanan yang dikunyah pun harus cukup halus. Karena jika kunyahan kurang halus, maka akan memperberat kerja pencernaan. Lambung yang bekerja terlalu berat akan mengeluarkan enzim yang bersifat asam. Keasaman ini lama-kelamaan dapat menggerogoti lambung dan menyebabkan penyakit maag karena fungsi penyerapan di lambung berkurang.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami