Bersyukur, Cara Terbaik Tuk Ucapkan Terima Kasih kepada Tuhan!
Kalangan Sendiri

Bersyukur, Cara Terbaik Tuk Ucapkan Terima Kasih kepada Tuhan!

Budhi Marpaung Official Writer
      5542

1 Tawarikh 16:8

”Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!”

Bacaan Alkitab: [kitab]mazmu147[/kitab]; [kitab]wahyu3[/kitab]; [kitab]zakha13-14[/kitab]

Ada perdebatan bersahabat di antara para sejarawan tentang kapan perayaan Thanksgiving pertama dirayakan di Amerika Serikat. Beberapa mengatakan itu dilakukan di Virginia pada 1610, dan yang lainnya berpegang teguh bahwa perayaan Thanksgiving tradisional pertama adalah di Plymouth Plantation, Massachusetts, pada 1621.

Apa pun sisi debat yang dipilih seseorang, kenyataannya tidak terbantahkan bahwa Thanksgiving adalah milik kita.

Sebelum Amerika Serikat ada sebagai sebuah bangsa, jiwa-jiwa tangguh yang gigih untuk menemukan negara besar ini membuat upaya untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena penyediaan dan anugerah-Nya.

Mengucap syukur di Virginia, Massachusetts, dan banyak pemukiman lain di dunia baru adalah tindakan spontan oleh orang-orang yang berterima kasih. Mereka mengalami kehidupan yang begitu kuat, sehingga tanpa pemeliharaan Allah mereka pasti tidak akan selamat. Mereka bersyukur atas karunia dan berkat Tuhan.

Presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, seorang pria yang diakui sebagai Bapak Bangsa, mengakui Tuhan sebagai sumber kekuatan dan eksistensi Bangsa ini. Dia merasa sangat kuat tentang hal ini sehingga dia membuat proklamasi untuk hari nasional mengucap syukur pada Kamis, 26 November 1789.


Dia percaya akan pentingnya menyisihkan satu hari untuk menghormati Tuhan dan bersyukur secara pribadi dan secara korporat. Presiden Abraham Lincoln menjadikannya sebagai hari libur nasional pada Kamis, 26 November 1863.

Hari Thanksgiving telah menjadi tradisi, yang seperti tradisi lain, telah berkembang, tumbuh, dan dialihkan dari tindakan spiritual sederhana untuk mengakui berkat Tuhan, menjadi acara nasional dengan proporsi yang tak terkendali.

Permainan bola, belanja, hari libur dari kerja, dan jalan-jalan hanyalah beberapa kegiatan Thanksgiving yang dapat membebani dan membantu kita melupakan arti sebenarnya dari liburan ini.

Hari ini sesungguhnya dimaksudkan untuk menjadi waktu untuk berhenti, memerhatikan berkat kita, dan mengakui Tuhan dengan hati yang bersyukur. Jangan sampai kita lupa, ada Thanksgiving di masa lalu yang begitu berat dan muram, hari-hari doa dan berpuasa.

Hari ini, orang bisa mengatakan bahwa kita terlalu sibuk menikmati berkat kita untuk berhenti dan bersyukur. Kita semua ikut bertanggung jawab atas peristiwa nasional bahwa Thanksgiving telah menjadi hari perayaan nasional karena ini memang harinya kita sebagai satu bangsa.

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan bahwa Dia telah memberi kita kebebasan untuk menyembah Dia dengan ucapan syukur kita. Dan berkat yang kita nikmati selama liburan ini benar-benar dari-Nya.

Saya percaya Dia terus memberkati kita karena kita mengambil satu hari, hari kita, setiap tahun, dan sebagai individu mengatakan kepada seluruh dunia bahwa kita berterima kasih kepada Allah yang Mahakuasa atas kasih karunia-Nya.

Alkitab mengatakan, ”Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!” (1 Tawarikh 16:8).

Pada hari Thanksgiving ini saat kita membagikan hari raya ini dengan orang-orang tercinta, merencanakan belanja pada hari Jumat nanti, dan dekorasi Natal untuk hari Sabtu, berikanlah anggukan kepada nenek moyang kita yang membuat perayaan ini bisa kita lakukan hingga sekarang.

Baca Juga: Tradisi Thanksgiving

Nikmati Thanksgiving ini dengan cara khas kita sendiri. Sampaikan kepada generasi berikutnya pengetahuan tentang betapa diberkatinya kita sebagai individu, keluarga, dan sebagai seorang manusia.

Berbicaralah tentang hal-hal yang luar biasa dan menakjubkan yang telah dilakukan Tuhan, dan bagikan hati kita yang penuh ucapan syukur ini kepada yang lainnya.

“Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.” (Mazmur 145:4).

Penulis terkenal O. Henry menulis seperti ini, “Ada satu hari dimana itu adalah milik kita. Ada satu hari ketika semua kita orang Amerika Serikat yang tidak bisa maju sendiri pulang ke rumah tua untuk makan biskuit dan mengagumi seberapa dekat terlihat pompa tua ke teras rumah. Hari Thanksgiving adalah satu hari yang murni dari orang Amerika Serikat. ”

Selamat Hari Thanksgiving!

Hak Cipta © Gene Markland, digunakan dengan izin.

Ingatlah Selalu untuk Mengucap Syukur Kepada Tuhan Karena Setiap Kebaikan yang Kita Nikmati adalah Berasal dari-Nya.

Ikuti Kami