Mengucap Syukurlah Kepada Allah, Pandanglah Hidupmu Seperti Dia memandangmu!
Kalangan Sendiri

Mengucap Syukurlah Kepada Allah, Pandanglah Hidupmu Seperti Dia memandangmu!

Naomii Simbolon Official Writer
      3063

1 Tesalonika 5: 18

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

 

Bacaan Alkitab Setahun : Amsal 15; Galatia 4; 2 Tawarikh 1-3

"Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan." (Filipi 4:11-12)

Belum lama ini, saya sedang berjalan ke sebuah toko dan melihat sebuah celana jeans lalu mencobanya di dalam ruang ganti.

Setelah memandangi diri saya di kaca, saya lalu keluar, merasa tidak puas dan memutuskan untuk melihat diri saya di sebuah kaca utama yang besar.

Wow Celana jeans tersebut benar-benar jauh berbeda ditubuhku. Cermin di ruang ganti tadi sudah tua dan gelap, menampilkan bayangan yang terdistors yang hampir saja menipu saya, masalahnya sangat berbeda ketika saya berkaca di cermin utama.

Kita semua pasti pernah melihat diri kita sendiri dalam sebuah cermin yang terdistorsi bukan?

Namun apa yang mungkin nggak kita sadari bahwa sering sekali kita melihat kehidupan sehari-hari kita, terutama ketika keadaan sangat menantang, melalui kaca yang terdistorsi juga.

Ketika kita melihat dari kaca itu, membuat kita tidak puas sehingga kita mulai menggerutu.

Kalau saja situasinya berbeda, pasti aku merasa lebih baik. Lalu kita berusaha mengubah rasa tidak puas itu dengan mengubah cara berpikir kita dan berakhir lebih buruk. Kita mencoba mengumpulkan lebih banyak uang, untuk bisa keluar dari apartemen kita yang kecil itu, kita juga mencoba mengubah penampilan anak-anak kita dihadapan dunia luar sana, kita juga mencoba memaksa pasangan kita melakukan  sesuatu dengan cara kita “Cara yang benar!”.

Hasilnya? Kami kelelahan. Ketidakpuasan dan kekecewaan muncul kembali.

Atau mungkin kita hanya menggerutu saja sedikit tentang ketidaknyamanan atau ketidakadilan situasi tersebut. Begitu emosi itu berakar di hati kita, hal itu menyebar ke teman-teman sekelas, anak-anak, pasangan, rekan kerja atau teman-teman.

Hasil akhirnya? Kelelahan lagi dan semakin tidak puas.

Tidak peduli apapun yang terjadi, kita bisa mengabaikan hak kita ketika merasa tidak puas. Sebaliknya, kita bisa menerima tantangan dari Tuhan dan menemukan kepuasan dalam segala keadaan. Daripada melihat dari kaca yang menunjukkan sudut pandang yang sangat buruk, mari pilihlah satu hal yang bisa mengubah segala sesuatu. Mari kita memilih untuk mengubah segalanya dengan ucapan syukur.

Bersyukur atas segala hal yang Tuhan izinkan untuk kita miliki dan bersyukur bahwa Dia mencukupkan segalanya. Bukan hanya mencukupkan untuk melalui apa yang sulit – dan bersabar menghadapi kita yang cemberut, tetapi juga mencukupi kita untuk melalui waktu-waktu sulit dengan bergembira dan bersukacita.

Cobalah untuk berlatih bersyukur hari ini. Situasi nggak akan berubah , tetapi perspektif kitalah yang berubah mengenai situasi yang ada.

Kita mungkin nggak bisa mengendalikan keadaan kita saat ini, tetapi setiap hari kita memiliki kontrol atas diri kita bagaimana cara melihat semuanya dengan ucapan syukur.

Setiap musim dalam kehidupan ini memiliki tantangannya sendiri. Pertanyaannya, apa yang bisa kita syukuri dalam tantangan yang kita hadapi saat ini? Apakah kamu bisa mempertahankan perspektif yang benar seiring waktu?

Digunakan dengan izin dari iDisciple Publishers dari buku FIND REST oleh Shaunti Feldhahn.

 

Ikuti Kami