Melewati Ujian Kesabaran
Kalangan Sendiri

Melewati Ujian Kesabaran

Puji Astuti Official Writer
      11298

Amsal 16:32
Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu52[/kitab] ; [kitab]Marku2[/kitab] ; [kitab]Yesay57-58[/kitab]

Di Alkitab dikisahkan banyak pahlawan iman yang menunggu bertahun-tahun bahkan kadang puluhan tahun sebelum janji Tuhan itu digenapi. Bagi kita yang membacanya hal ini kadang sulit terbayangkan bagaimana harus bersabar menanti janji Tuhan digenapi. Bagaimana Abraham menunggu lahirnya Ishak, Yusuf yang menjalani berbagai ujian hingga akhirnya menjadi perdana menteri, Musa yang harus melarikan diri selama 40 tahun hingga akhirnya memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan Daud yang setelah diurapi untuk menjadi raja harus kemudian malah menjadi buronan Saul.
Mari kita lebih fokus kepada Daud, sekalipun dia memiliki kesempatan untuk membunuh Saul dan menduduki tahta seperti yang telah dijanjikan Tuhan, Dia tidak melakukannya. Daud berhasil melewati ujiannya, dan mengijinkan Tuhan yang memegang kendali kapan dia harus dinobatkan menjadi Raja Israel. Daud bersabar dan percaya bahwa jalan Tuhan selalu yang terbaik.
Bagaimana dengan kita hari-hari ini? Apakah kita mencari Tuhan dan masih memegang janji-janji Tuhan dalam hidup kita? Atau kita berusaha menggenapi janji Tuhan itu dengan cara kita, yang terkadang mendukakan hati Tuhan karena kita menghalalkan segala cara untuk mencapai impian kita. Atau lebih buruk lagi, kita tidak mengejar janji-janji Tuhan namun ambisi pribadi kita.
Daud dan para pahlawan iman lainnya pada akhirnya mendapatkan apa yang telah Tuhan janjikan bukan karena mereka istimewa, namun karena mereka bersabar dan dengan cara demikian mereka menghormati Tuhan. Mereka mengutamakan Tuhan lebih dari keinginan mereka pribadi, dan dengan tekun dan kesabaran menanggung segala penderitaan dan kerja keras hingga waktu Tuhan tiba untuk janji itu digenapi. Hari ini, mari kita mengikuti teladan mereka.
Taruhlah Tuhan dan janji-janji-Nya di atas ambisi dan keinginan kita, tunggulah kairos Tuhan dengan ketekunan dan kesabaran.

Ikuti Kami