Tombol Kepanikan
Kalangan Sendiri

Tombol Kepanikan

daniel.tanamal Official Writer
      8692
Show English Version

Yesaya 30:15

"Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu."

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 109; Lukas 21; Hakim-Hakim 5-6

"Push the panic button" adalah sebuah idiom dalam bahasa Inggris yang mengacu pada pengambilan sebuah tindakan dalam situasi yang mencekam, menakutkan atau membingungkan. Mungkin hidup ini akan menjadi lebih mudah jika “tombol panik “ itu dibuat. Karena akan membantu kita pada saat-saat yang genting dan bahkan berbahaya.

Faktanya adalah kepanikan ternyata selalu membuat setiap orang menjadi susah. Kerugian besar didepan mata. Kita mengetahui dampak negatif dari kepanikan. Namun selalu saja ada hal-hal atau masalah yang terjadi yang membuat kita panik. Tidak jarang, kita larut dalam kepanikan, bukannya datang berserah kepada Tuhan.

Situasi kepanikan, seharusnya juga dialami oleh Daud. Saat kedua istrinya terperangkap dalam serbuan orang-orang Amalek yang akan melemparinya dengan batu sampai mati. Namun Daud tidak memilih kepanikan dalam situasi itu. Justru Daud bererah dan berdoa agar Tuhan yang mencari jalan keluar terbaik dari marabahaya yang serba cepat tersebut.

Hasilnya dapat kita ketahui bersama, esoknya Daud memimpin pasukan dan menyerbu orang Amalek dan dapat menyelamatkan istrinya. Bukan hanya itu, semua hal yang telah dirampas, termasuk rakyat dan jarahannya, kembali tanpa kekurangan suatu apapun.

Namun ketenangan Daud untuk memilih berserah kepada Tuhan dan tidak memilik kepanikan, mendatangkan kebaikan bagi dirinya dan rakyatnya. Keputusan itulah yang membawanya keluar dari permasalahan super sulit dan kemudian keluar sebagai pemenang dengan gemilang.
 

 


Ikuti Kami