Chayil
Kalangan Sendiri

Chayil

Admin Spiritual Official Writer
      10792
Amsal 31:10
Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 23; Matius 23; Kejadian 43-44

Amsal 31 merupakan sebuah Amsal yang dihadiahkan seorang ibu kepada anaknya Lemuel, seorang raja. Dalam perikop ini, dicatat sebuah deskripsi panjang mengenai kriteria seorang wanita ideal menurut ibu Lemuel, yaitu sebuah kriteria menantu dan istri impiannya bagi Lemuel. Wanita ini memiliki kriteria 3B+C. jika umumnya kriteria bagi seorang wanita yang dianggap layak menjadi ratu kecantikan atau Miss Universe misalnya adalah 3B yakni: Brain (kecerdasan), Beauty (kecantikan), dan Body (kemolekan tubuh), maka kepada kriteria ini masih perlu ditambahkan 1C yaitu Characters (karakter).

Apa itu karakter? Mengapa begitu penting? Karakter adalah keteguhan, integritas dalam diri seseorang untuk melakukan yang benar, apapun resikonya. Jika tanpa karakter yang baik, kelebihan apapun pada orang itu menjadi tidak ada artinya. Sebuah bangsa bisa maju pesat misalnya, jika para pemimpinnya dan seluruh rakyatnya kuat dalam karakter, dan kabar baiknya, setiap orang punya kesempatan mengembangkan karakter yang bermanfaat.

Lantas apa yang Alkitab tekankan di Amsal mengenai karakter yang baik untuk dibangun bagi wanita? Dimulai dengan ayat kunci perikop pertama (ayat 10), sosok wanita ideal ini disimpulkan dengan sebutan "Cakap"; suatu karakter mulia yang dalam bahasa aslinya, Ibrani disebut "Chayil". Ini adalah istilah yang menunjuk pada kekuatan, kekuasaan, hakikat, keberhargaan. Dalam Alkitan, istilah ini selain digunakan bagi wanita di Amsal 31, juga digunakan bagi Rut. Pada keduanya menunjuk pada sisi kemuliaan seorang wanita berkarakter. Menurut Amsal, wanita seperti ini memiliki berbagai karakteristik yang luar biasa dan telah menunjukkan tuntunan hati yang takut akan Tuhan, mampu bertahan dalam arus perubahan. Bagaimana dengan Anda?

Tanpa karakter, yang lain menjadi tidak ada artinya.

Ikuti Kami