Siap Menghadapi Ujian
Kalangan Sendiri

Siap Menghadapi Ujian

Puji Astuti Official Writer
      8355
Show English Version

1 Petrus 4:12-13
Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu106[/kitab]; [kitab]Lukas18[/kitab]; [kitab]Yosua23-24[/kitab]

Saat ini sebagian besar siswa sekolah menengah atas kelas XII sedang menghadapi ujian nasional. Ada yang sudah bersiap jauh-jauh hari, ada yang SKS (sistem kebut semalam) dan mungkin juga ada yang tidak persiapan sama sekali. Namun baik sudah siap ataupun belum, setiap orang pasti mengalam tekanan tersendiri saat menghadapi ujian.

Ujian bukanlah sesuatu yang menyenangkan untuk dihadapi, apapun bentuknya, demikian juga dengan ujian kehidupan. Tuhan juga mengijinkan umat yang dikasihi-Nya untuk menghadapi ujian kehidupan, tahap demi tahap. Tujuan-Nya bukanlah untuk melukai perasaan kita ataupun membuat kita patah arang, sebaliknya Tuhan ingin memperlihatkan kelemahan-kelemahan kita yang harus diperbaiki sehingga kita menjadi lebih baik, lebih kuat dan menjadi semakin serupa dengan gambaran Anak-Nya, Yesus Kristus.

Ada berbagai ujian kehidupan, mulai dari menghadapi orang yang sulit, situasi yang tidak diharapkan, tantangan, keluar dari zona nyaman bahkan kelimpahan pun bisa menjadi sebuah ujian. Kita mungkin kecewa jika gagal dalam ujian dan bersukacita ketika berhasil. Tapi apakah Tuhan bersikap demikian juga? Tidak, bahkan Dia tidak pernah putus pengharapan atas kita sekalipun kita gagal berkali-kali dan putus asa terhadap diri sendiri. Tuhan ingin kita berhasil, Dia terus menyemangati kita untuk bisa lulus dengan baik.

Apakah Anda saat ini sedang menghadapi ujian kehidupan juga seperti saya? Ingatlah bahwa sekalipun saat menghadapinya mungkin tidak menyenangkan bahkan bisa dibilang kadang menyakitkan, kita tidak sendiri menghadapi ujian tersebut. Tuhan selalu bersama kita, dan Dia turut bekerja dalam segala sesuatunya untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia.

Setiap ujian dalam kehidupan adalah untuk membuat kita mengetahui sejauh mana kita telah belajar, dan bagian mana yang harus kita perbaiki.

Baca juga artikel lainnya :

Soal Telat Dikirim, Ujian Nasional di 11 Provinsi Diundur

Kemendikbud Jamin Kerahasiaan Pelapor Kecurangan UN

Kunci Jawaban Ujian Nasional Adalah Hak Publik

Ujian Nasional Lahirkan Generasi Korup

Kamu Mengambil Tempatku

Cemburu Pada Pasangan, Bolehkah?

Puji Tuhan! Saya Tidak Menganggur Lagi Setelah SMS ke Konseling Center CBN

Ikuti Kami