Sepuluh Perintah Allah dalam Alkitab, Panduan Kehidupan Umat Kristen
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 14 November 2023

Kalangan Sendiri

Sepuluh Perintah Allah dalam Alkitab, Panduan Kehidupan Umat Kristen

Claudia Jessica Official Writer
1298

Sepuluh Perintah Allah merupakan pedoman moral dan spiritual yang penting bagi umat manusia, khususnya bagi umat Kristen. Perintah-perintah ini tercatat dalam Kitab Keluaran pasal 20, dan diberikan oleh Tuhan kepada Musa di Gunung Sinai.

 

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Tentang Gunung Sinai

 

Sepuluh Perintah Allah berisi prinsip-prinsip dasar tentang bagaimana manusia harus hidup dalam hubungan dengan Tuhan dan sesamanya. Berikut adalah Sepuluh Perintah Allah beserta penjelasannya:

1. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku (Kel. 20:3)

Perintah ini melarang kita untuk menyembah allah lain selain Tuhan. Perintah ini mengingatkan kita bahwa Tuhan adalah yang paling berkuasa dan Dia-lah yang patut kita sembah.

2. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi (Kel. 20:4-6)

Perintah kedua ini melarang kita untuk membuat patung atau gambar apapun yang menyerupai Tuhan. Perintah ini mengingatkan kita bahwa Tuhan adalah roh yang tidak dapat dilihat atau digambarkan.

3. Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu, dengan sembarangan (Kel. 20:7)

Perintah ketiga ini melarang kita untuk menyebut nama Tuhan dengan sembarangan atau dengan tidak hormat. Perintah ini mengingatkan kita bahwa nama Tuhan adalah suci dan harus dihormati.

4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat (Kel. 20:8-11)

Yang keempat, perintah ini menetapkan bahwa hari Sabat, yaitu hari ketujuh dalam seminggu, adalah hari yang khusus untuk Tuhan. Perintah ini mengingatkan kita untuk beristirahat dari pekerjaan kita dan untuk memfokuskan diri pada Tuhan.

 

BACA JUGA: 10 Peringatan Dalam Alkitab yang Sering Disepelekan Namun Sangat Penting (1/2)

 

5. Hormatilah ayahmu dan ibumu (Kel. 20:12)

Selanjutnya Allah memberikan perintah kita untuk menghormati ayah dan ibu kita. Perintah ini mengingatkan kita untuk menghargai dan menghormati orang tua kita yang telah membesarkan dan merawat kita.

6. Jangan membunuh (Kel. 20:13)

Dalam perintah keenam kita dilarang untuk membunuh sesama kita. Perintah ini mengingatkan kita bahwa hidup adalah suci dan harus dilindungi.

7. Jangan berzinah (Kel. 20:14)

Selanjutnya pada perintah ketujuh, kita dilarang untuk berzinah. Ini mengingatkan kita bahwa pernikahan adalah suci dan harus dihormati.

8. Jangan mencuri (Kel. 20:15)

Pada perintah kedelapan, kita dilarang untuk mencuri. Bahwasannya perintah ini mengingatkan kita bahwa harta milik orang lain harus dihormati.

9. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu (Keluaran 20:16)

Jangan mengucapkan saksi dusta berarti kita tidak boleh mengucapkan dan menyebarkan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Singkatnya, kita tidak boleh berbohong.

 

BACA JUGA: Sisi Kehidupan yang Dianggap Tabu Ini Sebenarnya Berhubungan dengan Perintah Allah

 

10. Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini istri sesamamu, atau hambanya laki-laki atau perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang menjadi milik sesamamu (Kel. 20:17)

Terkahir, kita dilarang untuk mengingini milik orang lain. Perintah ini mengingatkan kita untuk puas dengan apa yang kita miliki dan untuk tidak iri dengan milik orang lain.

Walaupun sebagian besar dari Sepuluh Perintah berfokus pada larangan-larangan, Sepuluh Perintah Allah ini juga menyiratkan tindakan positif yang seharusnya kita lakukan.

Yesus, sebagai Juruselamat, merangkum Sepuluh Perintah menjadi dua prinsip utama: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Matius 22:37-39)

Bagikan artikel ini ke teman-temanmu! Ajak mereka ikut membaca dan dapatkan inspirasi bersama.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami