10 Peringatan Dalam Alkitab yang Sering Disepelekan Namun Sangat Penting (1/2)

10 Peringatan Dalam Alkitab yang Sering Disepelekan Namun Sangat Penting (1/2)

Claudia Jessica Official Writer
984

Alkitab telah memberikan kita peringatan tentang hal-hal yang tidak boleh kita lakukan. Tapi seberapa serius kah orang Kristen menanggapi hal ini dan mengikuti nasihat Alkitab?

Peringatan yang Allah berikan tentu saja bertujuan untuk kebaikan kita sendiri. Itu juga ditujukan agar kita tidak tidak membuka celah untuk disesatkan.

1. Tahan menjadi orang yang menyenangkan

Di era sosial media ini, orang akan dengan mudah bahagia jika orang lain menyukai atau berbagi mengenai unggahannya. Menjadi populer dan disukai oleh banyak orang. Setidaknya, kamu perlu mempertimbangkan hal ini:

Yohanes 15:19 "Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu."

Ketika kita berkomitmen untuk membagikan kebenaran, tidak semua orang akan merespon dengan pujian dan kasih sayang. Bahkan orang percaya di seluruh dunia banyak ditolak dan dianiaya karena kebenaran yang mereka bagikan tentang Yesus.

Alih-alih menyenangkan orang lain yang bisa saja mengkhianatimu, temukan dorongan dan keberanian untuk mengabarkan kebenaran karena semua orang membutuhkan Juruselamat.

2. Hati-hati dengan cara hidupmu

Efesus 5:15 "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif."

Pilihan mengenai bagaimana kita hidup adalah hal yang penting. Pilihan yang harus kita pertimbangkan dalam setiap mengambil keputusan, bagaimana dampaknya di masa depan dan bagaimana pengaruhnya pada kehidupan kita saat ini.

Roma 12:2 "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna."

Fokuslah kepada kebenaran Tuhan daripada apa yang dunia katakan. Perbaharui pola pikir kita dan biarkan Roh Kudus menuntut kita untuk mengikuti kehendak-Nya bagi hidup kita.

3. Uji Rohmu

Banyak orang terlalu cepat terbawa arus dan tidak mempertimbangkan kembali hal ini 1 Yohanes 4:1 "Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia."

Ujilah rohmu dan beralihlah pada Firman Tuhan untuk melihat apa setiap peluang atau tren yang baru dan konfirmasi apa pesan Tuhan bagimu.

4. Mengatakan omong kosong

Yesus menjelaskan dalam Matius 12:36 "Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman."

Apa itu omong kosong? Efesus 4:29 "Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia."

Selanjutnya Efesus 5:4 mengatakan "Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono — karena hal-hal ini tidak pantas — tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur."

Bahkan jika kamu telah mengucapkan omong kosong di masa lalu, kamu dapat berkomitmen untuk berbicara dengan lebih hati-hati ke depannya.

5. Kesampingkan dendam

Kamu pernah dibohongi? Dianiaya? Ditipu? Lantas apakah kamu akan membalas dendam atau menyerakhkannya pada Tuhan dan percaya bahwa Dia akan memperbaikinya?

Amsal 20:22 mengatakan "Janganlah engkau berkata: "Aku akan membalas kejahatan," nantikanlah TUHAN, Ia akan menyelamatkan engkau."

Bahkan Yesus sendiri melakukannya dalam 1 Petrus 2:23 “Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.”

Dalam penderitaannya, kita dapatmemandang pada Kristus dan mengikuti langkah-langkahNya sebagai teladan kita.

Itulah 5 dari 10 perintah Tuhan yang penting namun sering kali kita abaikan. Selanjutnya, kita akan membahas 5 hal lainnya di artikel berikutnya ya.

Sumber : iBelieve

Ikuti Kami