Dimulai dari Kita
Kalangan Sendiri

Dimulai dari Kita

Hilda Tri Lestari Contributor
      1187

Matius 7:12

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 9; Matius 9; Kejadian 17-18

“Jangan mencubit kalau tidak mau dicubit” kalimat ini mungkin pernah kita dengarkan dari orangtua kita. Kalimat ini mengandung arti larangan agar kita tidak melakukan hal yang jahat kepada oranglain karena hal serupa bisa menimpa kita.

Matius 7:12 berkata, “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”  Hal ini serupa tapi tak sama dengan ungkapan diatas. Alkitab mengajarkan kita untuk berlaku baik kepada sesama kita tanpa ada unsur jahat.

Ketika kita adalah orang yang sangat suka untuk dihargai, makan jangan tunggu orang lain untuk menghargai kita terlebih dahulu. Inisiatif awal harus ada pada diri kita sendiri. Banyak orang berpikir bahwa perbuatan baik saya adalah respon dari perbuatan baik orang lain. Jika kita punya prinsip seperti itu, maka kita tidak akan pernah jadi agen perubahan.

Hal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi agen perubahan adalah menjadi pribadi yang berinisiatif untuk berbuat baik. Tentunya hal itu kita dapatkan dari hikmat yang Tuhan berikan kepada kehidupan kita. Jika semua orang percaya punya prinsip seperti ini, orang-orang di sekitarnya akan mengalami perubahan. Mereka akan diubahkan oleh inisiatif orang percaya untuk melakukan kebaikan sekalipun orang lainnya tidak melakukan hal yang serupa.

Betapa damai sejahteranya hidup kita jika kita berinisiatif melakukan hal-hal yang sebenarnya kita inginkan terjadi di dalam hidup kita tanpa kita menunggu orang lain melakukannya terlebih dahulu. Tidak ada tuntutan dan tidak ada perasaan menjadi korban. Mari kita bersama-sama menjadi orang percaya yang punya inisiatif untuk berbuat kasih maka percayalah berkat damai sejahtera Allah akan melimpah dalam kehidupan setiap kita. Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami