Komitmen Untuk Berjalan Dalam Rencana Tuhan
Kalangan Sendiri

Komitmen Untuk Berjalan Dalam Rencana Tuhan

Liana M. Tapalahwene Contributor
      805

Amsal 16:3

"Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu."

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 24; Matius 24; Kejadian 47-48

Dari pembacaan kita di hari ini, ada makna sekaligus mandat penting yang harus diperhatikan, yakni:

1. Segala yang hendak kita lakukan, harus direncanakan sebaik mungkin

Jangan biarkan hati dan perasaan kita diombang-ambing karena kekhawatiran dan rasa takut yang hadir dalam diri kita.

2. Serahkan segala rencana dan perbuatan kita kepada TUHAN

Berserah artinya kita menyerahkan segala sesuatu dengan sepenuhnya untuk tunduk pada otoritas Allah.

Sahabat terkasih, berserah dan bergantung sepenuhnya kepada pimpinan anugerah Tuhan adalah sebuah kewajiban mutlak. Karena dengan demikian, sukacita kita akan ditambahkan, sebagaimana kitab 2 Timotius 1:12 menyatakan, “Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kau curahkan, aku ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku.”

Secara gamblang, kita diingatkan tentang komitmen untuk menyerahkan hidup kita, dimana kita harus hidup dan bergantung tanpa beban kekhawatiran dalam diri kita, dan meletakkan semuanya kepada tangan pengasihan Allah.

Serahkan permasalahan kita di hadapan TUHAN dalam doa. Jadilah kehendak Tuhan dalam hidup kita, maka kita akan menikmati ketenangan. Ingatlah bahwa apa yang menyenangkan Allah, pasti akan menyenangkan hati kita juga.

Dalam Amsal 13:19-20 menjelaskan, “Keinginan yang terlaksana menyenangkan hati, menghindari kejahatan adalah kekejian bagi orang bebal. Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.”

Oleh karena itu, sangatlah bijak apabila kita menerapkan nilai kejujuran dan kesalehan yang tanpa henti dalam melakukan komitmen yang sudah kita bangun. Dan yang tidak kalah penting adalah, bersukacitalah bahwa segala sesuatunya akan berjalan dengan baik dan membawa keberhasilan, karena anugerah TUHAN yang luar biasa memimpin langkah hidup kita.

Selamat menjalankan amanat dan mandat dari Tuhan dengan komitmen yang terbangun dalam anugerah Kristus. Tuhan Yesus memberkati.

 

Renungan ini ditulis oleh Liana M. Tapalahwene, S.Kom.

Ikuti Kami