Dipilih Karena Ketaatan Akan Tuhan
Kalangan Sendiri

Dipilih Karena Ketaatan Akan Tuhan

Lori Official Writer
      1430

Ayat Alkitab: 

Yeremia 17: 7, "Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!"

Nehemia 2: 8, “Dan raja mengabulkan permintaanku itu, karena tangan Allahku yang murah melindungi aku.”

 

Beberapa hari sebelumnya, kita belajar bagaimana dekat dengan Tuhan akan membuat kita memahami keadaan di masa kini dan masa yang akan datang. Hari ini kita akan belajar dampak hubungan yang akrab dengan Tuhan, yang membawa Nehemia pada perjalanan iman bersejarah yang tercatat di dalam Alkitab.

Kita mengenal Nehemia sebagai juru minum raja dan dengan posisi itu Nehemia punya kuasa dan pengaruh. Posisi dan kemampuan Nehemia dipakai Tuhan untuk melanjutkan proses pemulihan Yerusalem. Tapi apakah Tuhan hanya melihat itu saja dari Nehemia? Satu-satunya alasan kenapa Tuhan mengusik hidup Nehemia untuk ambil bagian di dalam keadaan Yerusalem adalah karena ketaatan dan ketergantungannya kepada Tuhan. 

Melalui hubungannya yang akrab dengan Tuhan, “tangan kasih karunia Allah” sendiri menyediakan cara yang paling strategis untuk menyelesaikan persoalan bangsanya. “Dan raja mengabulkan permintaanku itu, karena tangan Allahku yang murah melindungi aku.” (Nehemia 2: 8)

Nehemia mengajarkan kita pentingnya ketergantungan kepada Tuhan. Kadang-kadang kita puas dengan keberhasilan kita yang belum seberapa, terutama jika pencapaian itu bicara tentang diri kita sendiri. Tapi hari ini, kita bisa belajar dari Nehemia bahwa ketika kita hidup di dalam Tuhan, kita diberikan kesempatan untuk ambil bagian di dalam rencana-Nya yang ilahi. Bahkan sebesar apapun tantangan dari kepercayaan yang diberikan, Tuhan tidak akan pernah meninggalkan. Inilah yang disampaikan oleh Yeremia 17: 7, “Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!”

Hari ini, apabila kamu sedang sulit membangun hubungan dengan Tuhan, ingatlah bagaimana Tuhan bekerja melalui hidup Nehemia. Ingatkan diri kita bahwa Tuhan memandang penting hubungan kita dengan Dia.

 

Action: Apa yang biasanya menyebabkan hubunganmu dengan Tuhan menjadi jauh? Bagaimana kamu mengatasi masalah tersebut?

Ayat Alkitab: Matius 6: 33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Ikuti Kami