Fakta Alkitab : Amanat Agung yang Wajib DIlakukan oleh Para PengikutNya
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 30 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Amanat Agung yang Wajib DIlakukan oleh Para PengikutNya

Bella Tiurma Official Writer
1950

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." - Matius 28 : 19 – 20

Amanat Agung disampaikan sendiri oleh Yesus sebelum dia terangkat ke surga, peristiwa yang disebut kenaikan Isa Almasih terjadi setelah kebangkitan Yesus dari kubur 40 hari sebelumnya. Selama 40 hari Yesus telah menemui murid-muridnya, seperti pertemuan pertama Yesus dengan Maria Magdalena dan Maria lain. Pertemuan dengan dua orang murid yang berjalan ke Emaus hingga perjumpaan dengan Thomas murid yang sempat meragukan kebangkitannya. 

Amanat Agung Tercatat di Beberapa Alkitab 

Dalam bahasa aslinya, Amanat Agung memiliki arti sebuah perintah. Itulah sebabnya Alkitab mengartikan sebagai Amanat Agung dan bukan anjuran atau himbauan Agung.  

Amanat Agung disampaika Yesus ketika DIa sedang bersiap-siap untuk naik ke surga. Ketika itu Yesus mengumpulkan para murid dan Ia memberikan perintah untuk melakukan pemuridan dan dilanjutkan dengan pembaptisan kepada semua bangsa.

 

Baca Juga : Janji Tuhan Bagi Gereja yang Setia Mengerjakan Amanat Agung

 

Pemuridan bertujuan memberikan pengajaran tentang segala sesuatu yang diperintahkan oleh Tuhan. Setelah itu, setiap murid akan dibaptis dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Bahkan Yesus memastikan sendiri bahwa Dia lah yang akan menyertai gerakan pemuridan itu sampai akhir zaman. (Matius 28 : 18 – 20

Amanat Agung menjadi perintah yang penting bagi orang Kristen. Oleh karena itu, kitab injil lain juga mencatat tentang amanat Agung, seperti 

- Markus 16 : 15 – 18 

- Lukas 24 : 46 – 49 

- Yohanes 21 : 15 – 19 

- Kisah Para Rasul 1 : 8 

Semua ayat-ayat dalam kitab-kitab tersebut menekankan bahwa penginjilan dan pemuridan adalah suatu tugas yang agung. 

Lokasi Pemberitaan Amanat Agung oleh Yesus 

Dalam Alkitab sebenarnya tidak menyebutkan secara rinci keberadaan lokasi Yesus menyampaikan amanat Agung. Alkitab hanya menyebutkan di sebuah gunung di Galilea (Matius 28 : 16), sebuah tempat di  luar kota dekat Betania (Lukas 24 : 50), dan sebuah bukit yang disebut Bukit Zaitun (Kisah Para Rasul 1 : 20).

 

Baca Juga : Pengaruh Artificial Intelligence Terhadap Generasi dan Kehidupan

 

Dari semua tempat yang tertulis di dalam Alkitab, v  para sejarawan mengidentifikasi bahwa puncak Gunung Arbel yang menghadap ke sisi barat laut Galilea, tampak menjadi tempat yang paling masuk akal. 

Selama ribuan tahun, orang Yahudi telah menjadikan gunung Abel sebagai penanda wilayah. Dimana gunung Arbel adalah gunung tertinggi di sekitar laut Galilea yang memiliki tinggi sekitar 1.250 kaki/380 meter. 

Gunung Arbel juga terletak dekat dengan tempat-tempat, seperti Kapernaum dan sisi barat laut yang dijadikan oleh Yesus dan para murid menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam melakukan pelayanan di Galilea. 

Amanat Agung dan Penganiayaan 

Imam-imam Yahudi mulai merasa gerah degan gerakan yang dilakukan murid-murid Yesus untuk memulai melaksanakan amanat Agung. Mereka sering melihat para murid melakukan pengajaran tentang kematian dan kebangkitan Yesus di Yerusalem. 

Sehingga suatu hari para imam kepala pengawal bait Allah dan orang-orang Saduki yang tidak percaya tentang kebangkitan orang mati, semuanya mendatangi Petrus dan Yohanes dan menyeret keduanya ke penjara (Kisah Para Rasul 4 : 3)

Sejak saat itu, amanat Agung harus menghadapi ancaman penganiayaan secara terus menerus. Salah satunya terjadi pada Stefanus yang menjadi korban jiwa pertama akibat penganiayaan kejam yang dilakukan oleh penganut agama Yahudi pada pengikut Yesus. Stefanus harus merasakan kematiannya dengan cara di rajam batu hingga tewas (Kisah Para Rasul 7 : 60). 

Penganiayaan terlihat nyata karena Allah menggunakan penganiayaan untuk membuat amanat Agung tersebar dari Yudea, Smaaria, hingga ke ujung bumi.

 

Baca Juga : Terkuak Bahwa 51 Persen Orang Kristen Amerika Nggak Pernah Dengar Soal Amanat Agung Lho!

 

Hal ini membuat para pengikut Yesus menjadi tercerai berai setelah penganiayaan menimpa Stefans. Mereka tersebar dengan pergi ke Fenesia, Siprus, dan Antiokhia, tetapi di sana mereka bertemu dengan orang Yahudi (Kisah Para Rasul 11 : 19). 

Namun, beberapa pengikut Yesus yang pergi ke Antiokhia bertemua dengan orang-orang Yunani, yang berarti Injil semakin tersebar luas pada bangsa-bangsa lain. Hingga untuk pertama kalinya para pengikut Yesus disebut orang Kristen di Antiokhia (Kisah Para Rasul 11 : 26). 

Amanat Agung DImulai dari Keluarga 

Amanat Agung tentu memandang penting sebuah langkah pemuridan. Seperti yang tercatat dalam Alkitab bahwa Timotius menjadi seorang anak yang telah dipengaruhi oleh tradisi pemuridan yang baik dalam keluarganya. Timotius tumbuh bersama ibu dan nenek yang percaya kepada kebenaran ajaran Yesus. Bahkan keduanya telah mewariskan iman yang benar kepada Timotius (2 TImotius 1 : 5). 

Sesungguhnya pemuridan dalam keluarga bukanlah hal yang baru bagi bangsa Yahudi. Karena dalam Perjanjian Lama telah mencatat bagaimana pemuridan dalam generasi muda telah dilakukan oleh generasi yang lebih tua.

 

Baca Juga : Perspektif yang Benar Mengenai Amanat Agung

 

Para orangtua Yahudi harus mengajarkan Taurat dan kitab lainnya secara berulang kepada anak-anaknya. Bahkan mereka membicarakannya dimana pun mereka berada, baik saat duduk di rumah, perjalanan, atau saat berbaring dan bangun tidur (Ulangan 6 : 7). 

Yesus sendiri telah memberikan perhatian kepada anak-anak. Dalam sebuah kegiatan pemuridan umum, sejumlah orangtua membawa anak-anak mereka untuk mendekati Yesus. Tetapi para murid menegur mereka, dan inilah yang membuat Yesus marah kepada para muridnya. Ia berkata bahwa anak-anak harus mengenal Kerajaan Allah sejak dini (Matius 10 : 13 – 16).

Yuk saksikan tayangan selengkapnya di Youtube Jawaban Channel berikut ini.

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami