Janji Tuhan Bagi Gereja yang Setia Mengerjakan Amanat Agung

Kata Alkitab / 11 February 2022

Kalangan Sendiri

Janji Tuhan Bagi Gereja yang Setia Mengerjakan Amanat Agung

Lori Official Writer
1434

Saat gereja mengerjakan amanat agung, maka Tuhan akan menjanjikan penyertaan-Nya yang tidak terbatas.

Apakah semua gereja Tuhan sudah mengerjakan amanat agung?

Tentu saja gereja perlu memahami apa yang dimaksud dengan amanat agung lebih dulu, sehingga akan muncul dorongan atau keinginan besar untuk mau melakukannya.

Jadi mari belajar lebih dulu soal apa itu amanat agung dan seberapa penting hal itu bagi Tuhan?

 

Amanat Agung

Di dalam acara Dedication Day 2022 CBN Indonesia pada 24 Januari 2022, Bambang Budijatmiko dari Bilangan Research menyampaikan bahwa istilah amanat agung atau great commission awalnya muncul dari peristiwa ketika Yesus mengadakan Perjamuan Kudus bersama murid-murid-Nya. Di sebuah meja pertemuan, Dia menyampaikan supaya mereka memuridkan dan membaptis.

Lalu Yesus menyampaikan hal ini sekali lagi secara spesifik sesaat sebelum Dia naik ke surga. 

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Matius 28: 19-20

Perintah ini menjadi suatu keharusan bagi gereja Tuhan dan tak satupun yang bisa menghentikan gereja untuk mengerjakannya. 

 

Baca Juga:

Pemuridan Adalah Amanat Agung

Praktikan Amanat Agung Lewat Internet

 

Amanat agung penting bagi Tuhan karena itulah dasar sebuah gereja dibangun di dunia yaitu untuk melakukan sebuah gerakan yang terdiri dari bermisi, membaptis dan memuridkan.

Yesus sendiri telah memulai pemuridan ini ketika Dia memilih ke-12 murid-murid-Nya. Dan setelah Yesus tak lagi di dunia, Dia mengamanatkan pelayanan yang sudah Ia mulai tersebut kepada murid-murid-Nya. 

Sebagai murid-murid, para rasul diberi tugas menjadi pembuat murid. Dimana mereka diberi amanat untuk mengajar murid baru untuk meneladani Yesus, berpegang teguh kepada pengorbanan-Nya, percaya kepada kebangkitan-Nya, memiliki Roh Kudus dan hidup melakukan panggilan-Nya.

Ucapan Yesus di dalam amanat agung mengungkapkan isi hati Bapa, yang menginginkan supaya ‘semua orang diselamatan dan memperoleh pengetahuan tentang kebenaran’ (1 Timotius 2: 4).

Tetapi hari-hari ini, banyak gereja yang berhenti mengerjakan amanat agung. Alasannya ada begitu banyak dan salah satunya adalah karena ada campur tangan si iblis yang mencoba untuk menghalangi gereja Tuhan mencapai tujuan-Nya Allah.

Dalam hal ini, si iblis berusaha untuk:

  • Membuat gereja berhenti bergerak
  • Memperlambat gereja bergerak dengan membuat mereka fokus dan sibuk dengan pelayanannya
  • Menyerongkan gereja perlahan-lahan dari tujuannya yang semula dengan begitu banyak kepentingan internal
  • Menjerumuskan atau menjorokkan gereja dengan memberikannya kenikmatan, rasa aman dan nyaman sehingga gereja tidak lagi mau bergerak keluar

Gereja adalah satu-satunya alat yang Tuhan pakai untuk mengerjakan amanat agung karena itulah Dia berjanji untuk menyertai gereja sampai akhir zaman. Namun jika gereja lumpuh karena jebakan si iblis, bisa jadi gereja tersebut sudah tidak lagi mengandalkan tuntunan Roh Kudus di dalam gerakannya.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami