Menghidupkan Semangat Nasionalisme: Pandangan Generasi Muda tentang Kemerdekaan Indonesia
Sumber: fahum.umsu.ac.id

News / 17 August 2023

Kalangan Sendiri

Menghidupkan Semangat Nasionalisme: Pandangan Generasi Muda tentang Kemerdekaan Indonesia

Bella Tiurma Official Writer
2305

Jika membicarakan tentang nasionalisme dan Hari Kemerdekaan Indonesia tentu memiliki arti yang mendalam bagi setiap orang, terutama bagi generasi muda yang menjadi penerus bangsa. Nasionalisme bukan hanya sekadar cinta terhadap tanah air, tetapi juga kesadaran akan nilai-nilai, sejarah, dan semangat persatuan yang melandasi eksistensi negara. 

Selain itu, pentingnya memperingati Hari Kemerdekaan merupakan saat yang penting bagi kita untuk merenungkan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan, serta mengapresiasi kebebasan yang kita nikmati saat ini. 

Melalui wawasan dan semangat, generasi muda dapat mewujudkan visi Indonesia yang lebih baik, kuat, dan bersatu, serta melanjutkan perjuangan membangun masa depan yang lebih cerah.  

Pandangan Nasionalisme bagi Anak Muda 

1. Evie 

Nasionalisme bukan hanya sekadar mencintai tanah air atau bangga menjadi anak Indonesia, tetapi kita melakukan untuk negara dari hal terkecil sekalipun, seperti memberikan sikap toleransi ataupun menghargai orang lain. 

Hal ini dikarenakan, secara umum beberapa orang yang melihat nasionalisme hanya dengan melakukan hal besar saja dan apa yang bisa kita berikan kepada negara ini. Tetapi sebenarnya sebagai generasi muda, ketika kita menyatakan bahwa kita mencintai negara ini memiliki arti yang sama ketika kita menyatakan kita mencintai Tuhan.

 

Baca Juga : Sambut Kemerdekaan Indonesia, Sejauh Mana Jiwa Patriotisme Orang Kristen?

 

Kita bisa melakukan apapun untuk menunjukkan kesetiaan kita, meskipun dari hal kecil saja. Bahkan kita tidak perlu menjadi atlit besar dahulu baru dikatakan sebagai orang yang nasionalisme. Padahal hanya sebagai masyarakat biasa yang taat bayar pajak hingga menghargai pemimpin juga sudah dikatakan sebagai pribadi yang nasionalisme.

Sebagai anak muda, marilah terus mendoakan negara tercinta kita terhadap setiap masalah yang terjadi saat ini, dan tentu tidak menjadi pribadi yang membawa masalah ditengah banyaknya masalah. 

2. Tirza 

Nasionalisme merupakan identitas yang harus kita miliki sebagai warga Indonesia. Dimana pun kita berada, kita harus punya rasa bangga sama pencapaian bangsa Indonesia. Selain itu, kita tidak lupa dengan sejarah dan selalu berusaha mengenalkan budaya yang Indonesia punya, tentunya hal-hal yang positif. 

3. Mardy 

Jiwa nasionalisme dapat tercermin melalui dukungan yang kita berikan, misalkan ada suatu pemberitaan di media sosial yang menjelekkan bangsa, dan kita sebagai warga negara Indonesia berkumpul menjadi satu untuk mengomentari media sosial untuk memberikan dukungan dan pembelaan bagi Tanah Air. 

Selain itu, jiwa nasionalisme terlihat saat negara kita telah melakukan sebuah pencapaian hingga tingkat internasional kita turut bangga dengan semuanya itu. 

 

Baca Juga : 3 Kunci Memiliki Hidup Sebagai Orang yang Merdeka dalam Kristus

 

4. Yung 

Bentuk dari nasionalisme adalah sikap yang kita tunjukkan untuk membela negara ini, tetapi dalam pengaplikasiannya saat ini tentu memiliki banyak cara. Contoh yang dapat kita lakukan sangatlah berbeda dari zaman dahulu, dimana zaman dahulu kita harus berperang sebagai bentuk perjuangan bela negara. 

Namun, untuk saat ini nasionalisme tercermin melalui dari diri kita yang mencintai bangsa ini. Apa yang bisa kita lakukan untuk negara ini, kontribusi apa yang bisa kita lakukan, hingga manfaat dan value dari diri kita yang bisa kita berikan untuk negara ini. Baik dari aspek pendidikan, pengajaran, atau karya apapun yang bisa membangun negara ini.

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami