Sambut Kemerdekaan Indonesia, Sejauh Mana Jiwa Patriotisme Orang Kristen?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 11 August 2023

Kalangan Sendiri

Sambut Kemerdekaan Indonesia, Sejauh Mana Jiwa Patriotisme Orang Kristen?

Claudia Jessica Official Writer
2966

Ada begitu banyak orang yang mengasihi dan bangga terhadap tanah air tempat mereka tinggal. Bahkan mereka seringkali merasa tempat tinggal lain tidak akan senyaman tempat tinggalnya saat ini.

Sementara iu, sebagian orang mengasihi negaranya, tetapi memiliki kecemasan karena pemerintah mereka. Sedangkan yang lainnya bahkan tidak punya rasa memiliki, rasa nyaman terhadap tanah air mereka.

Apa yang Alkitab katakan tentang bagaimana kita perasaan kita dan bagaimana harus merespon terhadap tanah yang Tuhan tempatkan untuk kita?

#1 Semua bangsa telah ditetapkan oleh Allah untuk tujuan-Nya

Ayub 12:23Dia yang membuat bangsa-bangsa bertumbuh, lalu membinasakannya, dan memperbanyak bangsa-bangsa, lalu menghalau mereka.

Meskipun Anda sangat bangga dengan hidup dalam bangsa yang sangat Anda cintai, kita harus selalu ingat bahwa setiap negara, bangsa, atau pemerintahan di bumi adalah pertama-tama dan terutama oleh Tuhan dan untuk Tuhan.

#2 Semua bangsa akan tunduk di hadapan Kristus

Filipi 2:9-11 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Terlepas dari tingkat kekuatan atau  pengaruh bangsa atau orang mana pun, semua orang akan tunduk di hadapan Yesus Kristus. “Semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa,” (Yesaya 45:23b).

#3 Semua bangsa akan diakhiri oleh Tuhan sendiri

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.

Pada akhir zaman, semua yang kita tahu akan mati, dan Tuhan akan membuat langit baru dan bumi baru. (Yesaya 65:17b)

#4 Sebagai pengikut Kritus, kesetiaan pertama kita adalah kepada Tuhan

Mtius 22:21bBerikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.

Dimanapun Tuhan telah menempatkan kita, cinta pertama kita adalah Yesus. Kita harus memberinya seluruh hidup kita. Namun meski begitu, Tuhan telah menempatkan kita di bawah otoritas bangsa kita (Roma 13:13).

Benar bahwa Tuhan telah membebaskan kita, tetapi 1 Petrus 2: 16-17 mengingatkan kita bahwa, “Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!”

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami