Menghidupkan Semangat Nasionalisme: Pandangan Generasi Muda tentang Kemerdekaan Indonesia
Sumber: fahum.umsu.ac.id

News / 17 August 2023

Kalangan Sendiri

Menghidupkan Semangat Nasionalisme: Pandangan Generasi Muda tentang Kemerdekaan Indonesia

Bella Tiurma Official Writer
2376

Mengapa Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia itu Penting? 

1. Nix 

Penting banget bagi kita sebagai anak muda untuk terus menghidupi nilai-nilai yang sudah ditanamkan oleh pendiri bangsa ini. Terlebih saat ini kita memasuki tahun-tahun di era politik, bagaimana nanti kita  sebagai anak muda menyuarakan persatuan indonesia dan memiliki pilihan yang berbeda. 

Tetapi kita  juga harus tetap menjadi satu bangsa indonesia, bisa melakukan hal sederhana no hoax, bertoleransi, menjadi netizen yang tidak melakukan perang di media sosial. Yang perlu kita lakukan sebagai bentuk memperingati Hari Kemerdekaan dengan menjadi pembawa damai dan pemersatu. 

Walaupun memiliki pandangan yang berbeda, Indonesia membutuhkan anak muda untuk menyuarakan  keberagaman, kesatuan, perdamain, kecintaan akan Indonesia dan cinta kasih ke sesama yang berbeda dengan kita. 

2. Bianca 

Sebagai anak muda tentu kita harus memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk kita terus mengenang perjuangan pahlawan Indonesia yang dengan susah payah memperjuangkan kemerdekaan negara ini. Dan pada akhirnya, saat ini kita bisa merasakan manfaatnya. 

Kalau kita tidak memperingatinya lagi, kita akan lupa bahkan generasi setelah kita pun juga tidak akan mengerti arti perjuangan pahlawan kita. Berujung mereka bisa menyepelekan bangsanya sendiri dan tidak memiliki jati diri. 

 

Baca Juga : 15 Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Kemerdekaan

 

3. Hizkia 

Sangatlah penting bagi kita sebagai anak muda untuk memperingati Hari Kemerdekaan ini, karena sebagai warga negara Indonesia suatu hal yang tidak mungkin kalau kita tidak ikut memperingatinya. Meskipun kita akan menemukan beberapa anak muda yang suka dengan budaya negara lain, tetapi mereka masih memiliki darah Indonesia. 

Yang menjadi perhatian kita adalah di Hari Kemerdekaan ini, bukan hanya memperingati saja tetapi memaknai momen yang ada juga menjadi hal yang penting. Karena momen ini adalah momen dimana pada zaman dahulu para pahlawan berjuang untuk meraih kemerdekaan. Sehingga kita memahami betapa pentingnya untuk tetap terus mempertahankan jiwa membara dalam memperingati Hari Kemerdekaan 

4. Sarah 

Sebagai anak muda tentu sangatlah penting untuk tidak turun semangatnya dalam memperingati Hari Kemerdekaan. Mengingat betapa susahnya para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan ini, sehingga kita perlu terus memperingati dan memaknai setiap momen kemerdekaan. 

 

Baca Juga : Kemerdekaan Sejati Setiap Orang Percaya

 

5. Vini 

Adanya peringatan Hari Kemerdekaan menjadi sangat penting karena sebagai momen pengingat bagi kita bahwa negara kita sudah merdeka dan kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia itu sendiri. Berkat perjuangan para pahlawan kita bisa merasakan kemerdekaan saat ini, inilah yang perlu kita banggakan untuk tetap memaknainya dengan semangat dalam peringatan Hari Kemerdekaan.

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami